Brilio.net - Selama pandemi Covid-19, pemerintah memberikan sejumlah bantuan. Salah satunya Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang menyasar bagi para pekerja atau buruh. Mereka pun bisa mengecek BLT BPJS Ketenagakerjaan ini secara online maupun offline.

Cara cek bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan melalui WhatApp, website, e-mail, via telepon dan aplikasi resmi BPJS. Kelima cara cek penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan ini bisa dijadikan alternatif bila salah satunya sedang tidak bisa diakses.

Dilansir dari laman kemnaker.go.id, terdapat kriteria calon penerima BLT yang berada di Zona PPKM level 4 dan 3. Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri No.20 Tahun 2021 jo Nomor 23 Tahun 2021. Para pekerja atau buruh akan menerima upah BLT sebesar Rp 1 Juta.

Dilansir dari liputan6.com, Rabu (22/12) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menegaskan, akan lebih dulu dilakukan skrining data calon penerima atas kesesuaian format data dan menghindari adanya duplikasi data. Nantinya, pemberian BSU akan ditransfer melalui rekening Bank.

Nah, kamu bisa mengecek bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan dengan praktis hanya lewat handphone loh. Berikut simak ulasan 5 cara cek BLT BPJS ketenagakerjaan yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (22/12).

1. Melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan © berbagai sumber

foto: bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Cara pertama yakni dengan mengakses laman website bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id. Langkah ini bisa dilakukan lewat handphone atau komputer yang sudah terkoneksi internet. Melalui website ini, kamu juga bisa mengetahui berbagai informasi terkait BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut langkah-langkah mudahnya cek penerima BLT BPJS ketenagakerjaan melalui website:

a. Kunjungi laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

b. Masukkan nomor NIK, Nama Lengkap, dan Tanggal Lahir pada kolom Cek Penerima BSU.

c. Klik tabel I'm not robot, lalu klik Lanjutkan.

d. Jika kamu lolos, akan muncul keterangan tertulis di laman tersebut.

2. Melalui WhatsApp (WA).

Cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Jika situs untuk mengecek penerima BSU atau subsidi gaji tidak bisa diakses, maka cara cek penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan bisa melalui nomor WhatsApp. "Untuk informasi seputar layanan, sahabat dapat juga mengakses melalui nomor WhatsApp 081380070175," jelas Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga, BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja.

Berikut cara mudah cek BLT BPJS Ketenagakerjaan melalui WhatsApp:

a. Masukkan nomor layanan BPJS Ketenagakerjaan 081380070175 di kontak agar terbaca di kontak WhatsApp. Hubungi pada jam kerja jika ingin mencari informasi terkait BLT BPJS Ketenagakerjaan.

b. Selain itu, BLT BPJS Ketenagakerjaan juga bisa diakses lewat link WhatsApp di http://wa.me/6281380070175. Tak hanya layanan cara cek penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia. Ada informasi kepesertaan, informasi klaim, informasi kanal layanan, dan e-form pangaduan.

3. Melalui aplikasi.

Cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan © berbagai sumber

foto: sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Sebelum melakukan pengecekan, kamu harus melakukan registrasi akun pada aplikasi BPJSTKU. Cara cek penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi ini mirip dengan pengecekan melalui website. Berikut cara cek penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi:

a. Unduh aplikasi BPJSTKU di play store atau app store.

b. Install dan buka aplikasi tersebut.

c. Masukkan email dan password akun BPJS Ketenagakerjaan.

d. Pada bagian pojok kanan, pilih Bantuan Subsidi Upah.

e. Jika terdaftar sebagai penerima, akan ada notifikasi bahwa kamu lolos verifikasi sebagai calon penerima BSU.

4. Melalui situs Kemnaker

Cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan © berbagai sumber

foto: bsu.kemnaker.go.id

Jika laman website BPJS Ketenagakerjaan sedang error atau tidak dapat diakses, kamu bisa cek BLT BPJS Ketenagakerjaan lewat laman Kemnaker. Cara ini hampir sama dengan cara cek BLT lewat situs resmi BPJS Ketenagakerjaaan. Ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini:

a. Kunjungi laman kemnaker.go.id.

b. Jika belum memiliki akun, daftar akun terlebih dahulu.

c. Jika sudah, login menggunakan e-mail dan password.

d. Klik Masuk, lalu lengkapi data diri pribadi seperti profil, status pernikahan, lokasi.

e. Terakhir, cek menu Pemberitahuan.

5. Menghubungi call center.

Cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Jika cara-cara diatas tidak bisa ditempuh, kamu bisa melakukan pengecekan BLT BPJS Ketenagakerjaan melalui telepon. Hubungi call center di nomor telepon 175. Jangan lupa siapkan KTP dan Kartu peserta BPJAMSOSTEK sebelum melakukan panggilan.