Brilio.net - Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan hari besar yang ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia. Biasanya, menjelang Lebaran masyarakat akan sibuk mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Dari mulai belanja baju baru, belanja sembako, membeli hampers untuk dibagikan ke sanak saudara dan lain sebagainya.

Mengingat semakin meningkatnya kebutuhan menjelang Lebaran, tidak sedikit dari masyarakat yang akan semakin boros dan melakukan pengeluaran lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Nah, supaya uang THR dan tabungan tetap aman atau tidak tekor karena boros belanja jelang Lebaran, kamu harus pandai menghemat uang belanja. Bagaimana caranya? Yuk, simak lima cara belanja hemat jelang Lebaran, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (16/4).

1. Catat kebutuhan Lebaran.

Cara belanja hemat jelang Lebaran © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Lakukan pencatatan segala kebutuhan kamu, bukan keinginan kamu. Catat segala kebutuhan dari yang bernilai paling tinggi sampai yang bernilai paling rendah.

Dengan melakukan pencatatan, setidaknya bisa meminimalisir kemungkinan belanja barang yang sebenarnya tak dibutuhkan atau diperlukan. Pastikan untuk membeli kebutuhan yang menjadi prioritas utama.