Brilio.net - Mesin ATM menjadi salah satu cara praktis untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke bank. Agar bisa digunakan untuk transaksi, kamu harus memasukkan PIN terlebih dahulu. PIN ini merupakan enam digit angka yang menjadi pengaman ketika kamu melakukan transaksi dengan kartu ATM.

PIN ini bersifat rahasia, jangan sampai orang lain mengetahuinya. Hal ini supaya kartu ATM tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk melindungi keamanan saat bertransaksi, kamu sebaiknya harus mengganti PIN secara berkala.

Untuk kenyamanan dan keamanan bertransaksi menggunakan kartu ATM atau kartu debit, bank BNI mengimbau nasabahnya untuk mengganti PIN Kartu ATM/Debit secara berkala. Dilansir dari website resmi BNI, wajib ganti PIN secara berkala ini mulai berlaku sejak 25 Juni 2020 untuk Kartu BNI Silver (BIN 526422) dan Kartu BNI Gold (BIN 537176).

Instruksi penggantian PIN dapat dilakukan oleh bank secara sistem, dan nasabah mengetahui kewajiban untuk mengganti PIN tersebut saat nasabah melakukan transaksi di ATM, di mana akan muncul instruksi penggantian nomor PIN dengan didahului pengisian data tanggal lahir dengan Format DD/MM/YYYY.

Adapun penggantian PIN secara berkala ini dapat dilakukan oleh nasabah langsung melalui Kantor Cabang BNI terdekat, BNI ATM dan BNI Mobile Banking. Berikut cara ganti PIN ATM BNI, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (19/7).

1. Cara ganti pin ATM BNI lewat mesin ATM.

Cara ganti PIN BNI © 2022 brilio.net

foto: bni.co.id

- Masukkan kartu ATM BNI ke dalam mesin.

- Masukkan PIN ATM BNI lama.

- Klik menu "Lainnya".

- Klik pilihan "Ganti PIN".

- Masukkan PIN ATM BNI lama.

- Masukkan PIN ATM BNI baru.

- Ketik ulang PIN ATM BNI baru.

-Tunggu status PIN sudah berubah. Kemudian simpan struk bukti ganti PIN ATM BNI.

 

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR