Brilio.net - Memasuki era digital, saat ini manusia sangat terbantu dengan internet. Tak heran jika banyak orang ingin memanfaatkan internet untuk mengembangkan usahanya. Bagi para pemula yang ingin terjun kedunia bisnis, kamu pun bisa memulai dengan jualan online. Ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan jika kamu memilih untuk berbisnis online.

Pertama, tidak membutuhkan banyak modal. Tentu modal yang kamu keluarkan tidak akan sebanyak berjualan secara konvensional. Kamu hanya perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil untuk berjualan.

Kedua, promosi yang menjangkau masyarakat luas. Seperti yang sudah kita ketahui, akses internet telah membuat setiap menusia saling terhubung satu sama lain. Jadi kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mempromosikan produkmu ke banyak orang.

Ketiga, menambah lapangan pekerjaan. Jika usahamu semakin berkembang, kamu bisa mulai untuk meminta bantuan orang lain dan menawarkan pekerjaan pada mereka. Alhasil, kamu dapat membuka lapangan kerja dan ikut mengurangi jumlah pengangguran.

Berjualan secara online juga semakin mudah sejak hadirnya berbagai e-commerce di Indonesia, yang memudahkan seseorang untuk melakukan jual beli. Salah satu e-commerce yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia yakni Shopee.

Pada tahun 2015, Shopee diluncurkan di Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina. Selain digunakan untuk membeli segala kebutuhan dari sekunder hingga primer, kamu juga bisa menggunakan Shopee untuk jualan online.

Lalu, bagaimana cara untuk berjualan di Shopee untuk pemula? Berikut 11 cara berjualan di Shopee, dilansir brilio.net dari shopee.co.id pada Senin (10/1)

Cara berjualan di Shopee © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

1. Pertama, tentukan produk apa yang akan kamu jual. Kamu bisa memilih produk yang sedang hits di pasaran, atau produk yang paling dibutuhkan oleh pembeli.

2. Buat akun di Shopee dengan cara:

- Melalui aplikasi Shopee: Pilih Saya > klik Daftar.
- Melalui situs Shopee: Pilih Mulai Jual atau pilih Seller Centre > klik Buat Akun.

3. Kamu bisa daftar menggunakan akun Facebook, Google, Apple, atau klik Daftar untuk mendaftar menggunakan nomor handphone.

4. Jika kamu mendaftar menggunakan nomor handphone, mohon masukkan nomor handphone, kemudian lakukan verifikasi dan buat password akun Shopee kamu. Verifikasi nomor handphone wajib kamu lakukan, agar pembeli bisa menemukan produk yang sudah di-upload.

5. Update username Shopee sesuai yang kamu inginkan, atau sesuai jenis produk yang dijual.

6. Lengkapi Profil Toko di Seller Centre atau aplikasi Shopee.

7. Atur alamat toko melalui Seller Centre atau aplikasi Shopee dengan mengikuti langkah-langkahnya.

8. Atur pengaturan pengiriman toko melalui Seller Centre atau aplikasi Shopee.

9. Kamu bisa meng-upload produk, mengisi atribut produk dan deskripsi, menyertakan foto produk, dan memilih jasa kirim. Pastikan produk yang kamu upload tidak termasuk barang yang dilarang oleh Shopee.

10. Kamu juga bisa mengikuti berbagai program di Shopee untuk mempromosikan toko dan membantu kamu mendapatkan pesanan pertama.

11. Setelah mendapatkan pesanan pertama, kamu bisa langsung mengemas dan mengirim produk kepada pembeli. Agar pembeli selalu tertarik dengan barang daganganmu, jangan lupa update produk-produk baru ya!