Brilio.net - Kasih sayang anak sepanjang galah, kasih sayang ibu sepanjang masa. Pepatah tersebut pasti sering terdengar di telingamu, bukan? Pepatah yang menggambarkan betapa besarnya kasih sayang orangtua, terutama ibu yang memiliki cinta tanpa batas padamu. Mama, bunda, ibu, emak, atau panggilan lainnya, apa pun yang terjadi, mereka akan selalu mencintai dan mendampingi pertumbuhan anak-anaknya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, kamu bertumbuh, mengenal dunia luar, berkuliah atau bekerja, bertemu dengan orang-orang baru, teman baru, atau bahkan kekasih, sehingga membuat hidupmu sibuk. Bahkan terkadang membuatmu meletakkan posisi orangtua di belakang. Hal ini tanpa disadari ternyata salah.

Nah sebagai bentuk penghargaan kepada kasih sayang ibu, Pantene dan Downy mempersembahkan kolaborasi spesial antara dua diva Indonesia, Anggun C. Sasmi dan Andien.

Kesalahan ke ibu Istimewa

Behind the scene pembuatan video ‘Kasih Ibu’/foto: Istimewa

Mereka menyanyikan sebuah lagu Kasih Ibu ciptaan Mochtar Embut yang diaransemen ulang dengan lirik yang diambil dari pesan atau status media sosial anak untuk ibu. Penasaran dengan lagu persembahannya? Siapin tisu dulu, dan tonton videonya di bawah ini.


Nah setelah melihat persembahan di atas, kita pastinya bisa merefleksikan apa saja yang sudah kamu lakukan ke orangtua terutama ibu, terlebih hal-hal kecil yang nggak kamu sadari sering kamu lakukan tapi ternyata malah menyakiti ibumu. Apa saja? Yuk, simak ulasan brilio.net di bawah ini, Senin (29/5).

1. Tidak pernah pamit saat pergi.

Kesalahan ke ibu Istimewa

foto: pinterest.se

Mungkin bagi kamu yang punya kebiasaan terburu-buru pergi sehingga lupa berpamitan dengan orangtua. Apalagi buat kamu yang merasa sudah dewasa dan gengsi untuk sekadar berpamitan atau mencium tangannya. Jangan sampai kamu membuatnya khawatir karena kamu yang pergi tanpa berpamitan.

2. Lupa mengatakan terimakasih.

Kesalahan ke ibu Istimewa

foto: sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Terdengar sepele memang, namun hal tersebut adalah suatu perbuatan kecil yang wajib kamu lakukan ke orangtuamu, terlebih ibu. Kita sebagai anak pasti pernah merasakan apa-apa tinggal minta, tapi apakah pernah mengucapkan hal itu?

Meski mereka tidak mengharapkan hal itu, tapi ada baiknya kita mengucapkannya sebagai bentuk apresiasi terhadap kasih mereka yang tak terbatas.

3. Kamu sudah mulai sibuk dan enggan meluangkan waktu.

Kesalahan ke ibu Istimewa

foto: ytimage

Kesibukanmu membuat lupa akan orang paling paling dekat dengan dirimu, yaitu ibu. Saking sibuknya, bahkan kamu sampai tidak menjawab telepon dari ibumu.

4. Kesibukan seringkali membuatmu larut dan lupa kalau ibumu merindukanmu.

Kesalahan ke ibu Istimewa

foto: vemale.com

Di tengah kesibukan yang mengatasnamakan kesuksesan, kamu seringkali menjadikannya alasan untuk tidak pulang dan bertemu dengan orang tuamu. Dalam hal ini kamu melupakan satu agenda yang menjadi alasan mengapa kamu ingin sukses, yaitu membahagiakan orang tua.

Dan kenyataannya, kebahagiaan mereka bukan hanya dinilai dengan harta atau kedudukan kalian, tapi juga pada bagaimana mereka tahu bagaimana kabarmu.

5. Ketika sudah bertumbuh dewasa dan merasa memiliki ilmu yang tinggi, kamu seringkali membantah ibu dengan kasar.

Kesalahan ke ibu Istimewa

foto: santishared

Hal seperti ini mungkin terdengar sepele dan biasa buat kamu. Ketika ibumu menyarankan sesuatu, namun kamu membantahnya dengan kasar dengan alasan panjang lebar.

Ibu akan merasa sedih dan berpikir bahwa pendapatnya sudah bukan menjadi salah satu hal yang penting bagimu.

6. Gengsi untuk meminta maaf ketika salah.

Kesalahan ke ibu Istimewa

foto: wagner.edu

Berbeda pendapat hingga bertengkar memang wajar terjadi. Namun ingatlah bahwa meminta maaf bisa menyembuhkan masalah dan membuat jarak bisa menghilang. Jangan sampai kamu menyesal dan hidup dalam rasa bersalah ketika ibu sudah tiada nanti.

7. Suka susah bilang kangen ibu saat beliau dengan mudahnya mengatakan “Ibu kangen, Nak”.

Kesalahan ke ibu Istimewa

foto: magnetrealising.com

Di tengah hiruk pikuknya kesibukan, memang seringkali terselip rindu pada ibu yang tak bisa diucapkan secara langsung. Entah karena gengsi atau malu karena tidak mau bermanja-manja dengan ibu. Rasanya kalimat "Aku juga kangen ibu" sangat susah untuk terucap. Padahal ibu juga membutuhkan konfirmasi tersebut dari kita.

Mengatakan bahwa kamu rindu akan pelukan ibu, aroma kasih sayangnya yang membawa pada kenangan spesial bersama dengan bunda. Jangan malu untuk mengungkapkannya.