Brilio.net - Anak-anak adalah korban empuk bagi orang-orang yang tengah dikuasai nafsu setan. Keluguan mereka dimanfaatkan oleh para pelaku sehingga mudah sekali untuk memenuhi hasrat mereka. Belum lama ini terbongkar jaringan kekerasan seksual pada anak. Menanggapi keadaan memprihatinkan ini, para aktivis pemerhati ataupun pihak-pihak yang tersedia melakukan upaya pencegahan maupun penanggulangan. Salah satu contohnya adalah video berikut ini.

Video 'Anti Kekerasan Seksual' ini dibintangi oleh seorang anak-anak. Liriknya pun sederhana sehingga mudah dipahami untuk anak seusianya. Video diunggah oleh Okas Bin Hassan. Berikut ini caption yang ditulis Okas.

"MENGENALKAN JENIS SENTUHAN UNTUK PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK
Umur yang masih belia, menjadikan seorang anak mudah untuk dijadikan sebagai korban kekerasan seksual. Hal paling mudah yang dapat dilakukan sejak dini pada anak adalah dengan mengenalkannya pada jenis-jenis sentuhan. Sentuhan yang dimaksud adalah sentuhan orang kepada si anak.

Perkenalkan yang mana sentuhan yang boleh, mana sentuhan yang tidak boleh. Sentuhan boleh adalah sentuhan seseorang pada kepala, tangan dan kaki anak. Sentuhan tidak boleh adalah sentuhan pada bagian badan yang tertutup baju atau baju dalam. Jelaskan pula pada anak, jika ada yang menyentuh, siapapun, jika menyebabkan rasa tak nyaman, maka termasuk sentuhan yang tidak boleh.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh anak, apabila mereka menerima sentuhan tidak boleh? Termasuk saat dilakukan oleh kerabat dekat atau orang yang dikenal baik? Ajari anak Anda untuk katakan: “Tidak!” Berlari menghindar dan harus berani melaporkan pada ayah dan ibu.

Untuk memudahkan mengingat tentang sentuhan, anak bisa diajari secara sedehana, salah satunya dengan sebuah lagu yang juga sederhana:

Sentuhan boleh
Sentuhan boleh
Kepala, tangan, kaki
Karena sayang
Karena sayang
Karena sayang
Sentuhan tidak boleh
Sentuhan tidak boleh
Yang tertutup baju dalam
Hanya diriku
Hanya diriku
Yang boleh menyentuh
Sentuhan tidak boleh
Sentuhan tidak boleh
Yang tertutup baju dalam
Katakan tidak boleh
Lebih baik menghindar
Bilang ayah ibu"

Bagaimana tanggapanmu?