Brilio.net - Memoles diri jadi salah satu kegiatan yang digemari oleh perempuan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun menyukainya. Apalagi ketika mereka melihat orang tuanya yang suka makeup alias berdandan, akan timbul rasa penasaran dan rasa ingin mencoba juga.

Ketika anak memasuki fase itu, orang tua tak perlu khawatir karena itu hal yang wajar. Sebagai orang tua, cukup mengarahkan dan membimbing sang anak terutama dalam hal penggunaan makeup.

Sebisa mungkin orang tua memfasilitasi makeup yang dikhususkan untuk anak. Karena jenis kulit anak-anak cenderung sensitif, sehingga tidak cocok menggunakan makeup orang dewasa.

Melihat perilaku anak yang sudah mulai centil berdandan, berikut tips parenting orang tua menyikapi hal tersebut, seperti dirangkum brilio.net dari hasil konferensi pers virtual Parenting Talk 'Amara Kids Cosmetics', Minggu (10/1).

1. Proses belajar meniru.

Tips anak yang suka makeup © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Amara Kids Cosmetics

Saat balita, memang anak sudah mulai meniru perilaku orang yang ia lihat. Phycologist & Parenting Expert Dokter Denrich Setiyadi mengungkapkan bahwa di usia 5-8 tahun apa yang dilakukan anak-anak semata-mata hanya merupakan bentuk permainan peran. Biasanya peran yang mereka tiru adalah sosok yang paling dekat atau dikaguminya.

"Jadi kalau anak suka dandan, mamanya nggak perlu khawatir dan justru berbangga diri. Artinya mamanya ini sosok yang dikagumi. Sebagai orang tua cukup mengawasi dan memberikan nasihat agar jangan terlalu berdandan berlebihan dan memastikan produk yang dia gunakan aman dan khusus untuk anak-anak," ujar Denrich.

2. Mendukung hobi si kecil.

Tips anak yang suka makeup © 2021 brilio.net

foto: Amara Kids Cosmetics

Jika saat ini si kecil sedang senang-senangnya berdandan, yang perlu orang tua lakukan adalah memastikan produk yang dipakai si kecil aman untuknya. Jangan biarkan dia menggunakan produk makeup untuk dewasa karena kondisi kulit si kecil masih sangat sensitif. Orang tua bisa mencari makeup yang memang di khususkan untuk anak-anak seperti Amara Kids Cosmetics.

Kandungan Amara kids Cosmetics dibuat khusus untuk kulit anak kecil dan sangat aman karena sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Rangkaian makeup dari Amara Kids Cosmetic ini juga lengkap Moms, dari Pallet makeup yang berisi eyeshadow, blush on & compact powder, ada pula Nail Polish, Mini Lipstick serta Spray Cologne khusus untuk anak.

3. Luangkan waktu untuk bermain dengan anak.

Tips anak yang suka makeup © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Si kecil yang mulai suka berdandan harus orang tua dampingi aktivitasnya. Bermain makeup bersama si kecil bisa menjadi momen yang menyenangkan dan bisa jadi bonding bareng si kecil.

Di momen ini bisa dimanfaatkan untuk melatih motorik si kecil, mengajarkan mereka me-mix & match-kan warna serta mengenalkan si kecil tentang masing-masing fungsi dari produk makeup yang digunakannya.

4. Ajari anak bersihkan wajah.

Tips anak yang suka makeup © 2021 brilio.net

foto: Amara Kids Cosmetics

Setelah anak bermain makeup, orang tua jangan lupa mengajarkan si kecil untuk membersihkan wajahnya dari makeup. Walaupun terlihat sangat sepele, namun saat melakukan hal ini pun orang tua juga bisa sambil melatih motoriknya dengan memutar kapas ke seluruh wajahnya setelah menggunakan makeup.

Bantu si kecil dalam membersihkan riasannya. Di sini orang tua bisa menanamkan tentang pentingnya membersihkan wajah hingga dewasa nanti. Jangan lupa gunakan pembersih muka yang aman pula untuk anak.

RECOMMENDED BY EDITOR