Brilio.net - Hari pertama sekolah tentunya menjadi hal yang cukup menyenangkan bagi sebagian besar anak. Di mana mereka bisa merasakan mengenakan seragam dan bertemu dengan lingkungan baru. Namun hari pertama sekolah ini juga menjadi tantangan baru bagi orangtua, karena tak semua anak menyukai lingkungan baru mereka.

Setiap anak memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Ada anak yang senang bertemu orang baru serta mudah beradaptasi, namun ada pula anak yang sangat sulit menerima kondisi lingkungan baru mereka. Tak jarang ketika masuk sekolah anak rewel karena tak mau ditinggal oleh orangtuanya.

Sebenarnya sebagai orangtua ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak agar tidak mudah cemas dan rewel di hari pertama sekolahnya. Misalnya saja, memperkenalkan anak sebelumnya mengenai kegiatan di sekolah, seperti menggambar atau bercerita.

Sebagai orangtua tentunya ada rasa khawatir meninggalkan anaknya di sekolah. Ternyata cara itu dianggap kurang tepat, karena rasa khawatir orangtua akan dirasakan oleh si anak, sehingga membuat anak enggan untuk ditinggal oleh orangtuanya.

Lalu cara apalagi yang bisa dilakukan orangtua agar anak tidak rewel ketika di sekolah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (15/7).

Loading...

1. Hindari untuk pergi diam-diam meninggalkan anak. Hal ini banyak dilakukan oleh orangtua, di mana mereka menghindari si anak dengan menyelinap pergi. Cara ini tidaklah tepat. Ada baiknya katakan pada anak bahwa bahwa hendak pergi dan pastikan si anak bisa menerimanya, sampaikan dengan cara yang baik dan yakinkan anak bahwa ia akan baik-baik saja di sekolah.

7 cara mengtasi anak yang rewel istimewa

foto: idiva.com

2. Kenalkan anak pada guru, dengan begitu ia akan merasa nyaman berada di sekolah, karena merasa ada yang melindunginya.

7 cara mengtasi anak yang rewel istimewa

foto: savvymom.ca

3. Jika sudah mengucapkan perpisahan pada anak, pastikan orangtua segera pergi dan jangan berlama-lama. Hal itu akan membuat si anak merasa apa yang disampaikan orangtuanya bahwa ia akan baik-baik saja itu benar. Pasalnya anak akan merasa cemas ketika orangtuanya mengatakan 'sampai jumpa nanti' namun sang ibu masih di lingkungan sekolah, ia akan merasa bahwa sekolah bukanlah tempat yang aman.

7 cara mengtasi anak yang rewel istimewa

foto: savvymom.ca

4. Saat mengucapkan kata-kata 'sampai ketemu nanti' pada anak, ada baiknya dilakukan dengan cara yang cukup menyenangkan, misalnya dengan memberikan kecupan, pelukan, tos dan hal menyenangkan lainnya. Hal itu menandakan bahwa sebagai seorang ibu sangat mendukung kegiatannya di sekolah tanpa harus merasa cemas.

7 cara mengtasi anak yang rewel istimewa

foto: kevinmd.com

5. Jika ke sekolah anak masih harus membawa bekal, pastikan ibu untuk tidak memberikan makanan atau menempatkan makanan yang sulit dibuka oleh anak. Berikan makanan sederhana, sehingga ketika tiba waktu makan siang, si anak tidak kerepotan dan merasa nyaman dengan bekala yang dibawanya.

7 cara mengtasi anak yang rewel istimewa

foto: irishtimes.com

6. Berikan nomor ponsel kepada guru, agar jika terjadi sesuatu orangtua bisa langsung menghubungi kamu sebagai orangtuanya.

7 cara mengtasi anak yang rewel istimewa

foto: thoughtco.com

7. Berikan sesuatu kepada anak agar ia merasa ingin berada di sekolah, misalnya hadiah. Tidak perlu yang mahal cukup berikan hal-hal yang bisa membuat dirinya bahagia. Seperti pensil dengan bentuk yang lucu dan sebagainya.

7 cara mengtasi anak yang rewel istimewa

foto: ecr.co.za

RECOMMENDED BY EDITOR