Brilio.net - Ketika gadis kecilnya bersedih, ibu akan menjadi tempat curahan hati yang dinanti. Ibu bisa memberikan keberanian, nasihat, atau mendengarkan keluh kesah si kecil. Tapi dari mata sang ibu, keluh kesah ini bisa mengintimidasi. Ibu bisa khawatir dengan pertemanan si putri kecil.

Seiring dewasanya si kecil, ibu ingin tetap selalu di sampingnya. Ibu akan selalu mendampingi di setiap fase kehidupan dan membantu untuk menyelesaikan masalahnya. Tapi ternyata, ada 6 kalimat yang malah bisa memberikan pengaruh buruk terhadap si putri kecil. Dilansir dari littlethings, Rabu, (30/8) ini 6 kalimat yang harus ibu hindari untuk si putri kecil.


1. Jangan bilang "Namanya lelaki ya begitu".

si putri kecil © 2017 brilio.net

Ketika kecil, sering teman laki-laki anak perempuan berlaku kasar. Hal ini dianggap lazim. Tapi ketika si putri kecil bermain kasar, dia dinasihati untuk lebih bersikap seperti wanita sopan. Insiden kecil ini bisa menurunkan kepercayaan diri si putri kecil. Dia akan menganggap bahwa memang sepatutnya anak cowok bisa bermain kasar.

2. Jangan bilang "Badanmu kurang bagus".

si putri kecil © 2017 brilio.net

Penampilan bagi wanita memang penting. Tapi kepercayaan diri lebih penting. Sebagai ibu, hindari perkataan yang bisa menurunkan kepercayaan diri tentang tubuh anak gadisnya. Jika mereka tidak pede dengan tubuh mereka sendiri, mereka akan kesusahan beradaptasi dengan masyarakat.

3. Jangan terlalu sering bilang "Kamu pintar sekali".

si putri kecil © 2017 brilio.net

Memuji pencapaian si putri kecil memang bagus. Tapi bila terlalu sering, si kecil bisa manja. Daripada 'kamu pintar sekali', Ibu bisa mengatakan 'Keren kamu bisa melakukan itu' agar si kecil makin percaya diri. Si kecil harus bisa memahami bahwa kerja keras mendatangkan hasil.

4. Jangan bilang "kamu cantik sekali" terlalu sering.

si putri kecil © 2017 brilio.net

Memuji penampilan anak gadis kecil memang bagus untuk perkembangannya. Hal ini ditujukan agar dia tahu bagaimana harus menjaga penampilan. Tapi ketika terlalu sering, si kecil bisa terlalu sombong dengan penampilannya. Dia akan melihat bahwa penampilan bisa membuatnya senang.

5. Jangan bilang "Anak gadis bisa melakukan apa saja".

si putri kecil © 2017 brilio.net

Memang si Ibu ingin gadis kecilnya semangat kembali setelah kalah bermain dengan teman-temannya. Perkataan ini bisa meningkatkan kembali kepercayaan dirinya.

Tapi tanpa sadar, si ibu memberikan tekanan sosial tentang peran wanita di masyarakat. Jika ingin si kecil makin percaya diri, cukup katakan 'Kita bisa melakukannya esok hari lagi'

6. Jangan paksa putrimu soal menghormati yang lebih tua.

si putri kecil © 2017 brilio.net

Orangtua kadang suka memaksakan pada anaknya untuk menghormati yang lebih tua. Biasanya akan meminta anak mencium atau memeluk anggota keluarga yang lebih tua, entah itu paman, bibi, kakek dan neneknya. Di Indonesia biasanya budaya cium tangan ke yang lebih tua.

Tetapi tidak sepenuhnya nasihat tersebut benar. Anak gadis biasanya lebih sensitif dan suka memilih mana anggota keluarga yang harus mereka cium dan tidak. Nah dalam keadaan demikian, orangtua sebaiknya menanyakan kepada anaknya mau nggak melakukannya. Jika jawabannya tidak, ya nggak usah memaksa anak.

Ini penting supaya anak memahami bahwa mereka tak punya utang perhatian dari siapapun. Ini akan membuat mereka memahami posisi mereka dalam hubungan fisiknya saat tumbuh dewasa kelak.