Brilio.net - Ramadhan kali ini jadi momen yang tepat mengajarkan Si Buah Hati pentingnya berpuasa. Terlebih satu keluarga berkumpul dan beraktivitas bersama di rumah dalam masa physical distancing. Si Buah Hati memang belum wajib berpuasa tapi tak ada salahnya melatihnya agar terbiasa menjalani Ramadhan dengan ceria.

Salah satu tantangan bagi Bunda saat mengajari anak berpuasa ialah kebosanan. Si Buah Hati yang bosan bisa mudah lapar, lelah, dan ngambek. Jika tak ditangani segera, Si Buah Hati malah bisa membenci puasa. Bunda harus sigap ketika masuk masa-masa kritis yaitu waktu ashar hingga menjelang bedug magrib.

Untuk mengusir kebosanan, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati beraktivitas bersama. Pilih aktivitas yang tak terlalu melelahkan tapi tetap penuh kreativitas. Jika Si Buah Hati tak bosan, pasti deh lapar dan haus tak akan terasa. Berpuasa seharian bisa tercapai deh!

Nah, deretan aktivitas apa saja yang bisa mengusir kebosanan Si Buah Hati pada bulan Ramadhan? Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/5), yuk simak ulasan berikut, Bunda!

1. Ajak anak membuat takjil simpel dan enak untuk berbuka.

5 Ide usir bosan anak nunggu bedug magrib, bisa asah kreativitas shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Mengajak Si Buah Hati membuat takjil bisa jadi obat mujarab mengusir kebosanan. Takjil sederhana seperti kolak pisang, sop buah, dan lain-lain bisa jadi pilihan. Libatkan Si Buah Hati dalam semua proses pembuatan seperti memotong buah, memanaskan air, dan lain-lain. Hati-hati, selalu perhatikan gerak-gerik Si Buah Hati agar tak terluka di dapur ya, Bunda.

2. Bermain musik memanfaatkan alat sederhana.

5 Ide usir bosan anak nunggu bedug magrib, bisa asah kreativitas shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Bermain musik tak harus memakai gitar, drum, atau keyboard. Untuk Si Buah Hati, alat musik sederhana bisa dibuat dari sendok, gelas, dan aneka peralatan dapur di rumah. Misalnya, gelas diisi air setengah dan diusap pinggirannya bisa berbunyi laiknya biola. Selain itu, panci bisa menjadi drum. Bebaskan si buah hati memilih 'peralatan musik' kesukaannya dan latih kreativitasnya.

3. Bikin mini vlog dengan tema puasa di rumah.

5 Ide usir bosan anak nunggu bedug magrib, bisa asah kreativitas shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Mendokumentasikan kegiatan sehari-hari di rumah dengan vlog jadi alternatif menarik, loh. Selain lagi ngetren, Bunda bisa mempunyai kenangan bersama Si Buah Hati. Arahkan Si Buah Hati untuk bergaya sekece mungkin. Tak perlu seprofesional YouTuber terkenal, biarkan saja keseruan dan keceriaan Si Buah Hati terekam di kamera.

4. Membuat kerajinan tangan.

5 Ide usir bosan anak nunggu bedug magrib, bisa asah kreativitas shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Yuk, latih kemampuan motorik Si Buah Hati selama Ramadhan dengan membuat kerajinan tangan. Tak perlu ribet, Bunda bisa memulai dengan yang simpel seperti menghias tempat pensil menggunakan cat warna. Biar seru, tantang Si Buah Hati membuat aneka kerajinan tangan seperti kartu ucapan hias, pot tanaman, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Main game seperti puzzle, mewarnai, dan lain-lain.

5 Ide usir bosan anak nunggu bedug magrib, bisa asah kreativitas shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Permainan sederhana seperti puzzle, jenga, mewarnai, ular tangga dan sebagainya cocok untuk mengisi waktu luang ketika Ramadhan. Jangan biarkan Si Buah Hati bermain sendiri, Bunda bisa ikutan loh.

Biar makin seru, ajak ayah atau anggota keluarga lain bermain. Semakin banyak orang bakal makin seru loh! Si Buah Hati pasti lupa lapar dan haus jika tertawa terus selama bermain game seru.

Bunda sudah terinspirasi bagaimana cara mengusir bosan Si Buah Hati saat menunggu azan magrib? Deretan aktivitas di atas bisa dilakukan di rumah tanpa ribet. Yang penting adalah membuat Si Buah Hati terus teralihkan perhatiannya dari lapar dan haus. Selain bikin suasana rumah ceria, celotehan Si Buah Hati saat bermain bakal bikin hati meleleh.

Keseruan di atas bisa Bunda temukan dan lakukan dalam challenge #30HariLebihDekat dari DANCOW FortiGro. Tentu masih banyak aktivitas seru lain sebagai challenge yang bisa Bunda dan si buah hati coba biar bisa mendapatkan berbagai hadiah menarik.

Cara ikutannya gampang, cek Instagram (IG) Stories @Dancow setiap hari untuk dapatkan tantangan yang harus dilakukan. Upload foto atau video keseruan dari tantangan tersebut di IG Stories. Mention IG @Dancow dan gunakan hashtag #30HariLebihDekat #KitaSiapPuasa serta tag 3 teman Bunda.

Pastikan Bunda menyimpan seluruh foto atau video yang sudah diupload di IG Highlights dengan judul #KitaSiapPuasa dan pastikan juga akun IG Bunda dalam pengaturan publik dan tidak diprivat. Kompetisi ini berlaku dari 24 April - 25 Mei 2020. Penentuan pemenang akan dilakukan melalui sistem penjurian yang ditetapkan oleh penyelenggara. Cek di sini untuk lebih tahu selengkapnya.

Untuk tetap memberi asupan nutrisi pertumbuhan dan perkembangan si buah hati, Bunda jangan sampai melewatkan memberinya DANCOW FortiGro UHT. Bunda bisa mendapatkan DANCOW FortiGro UHT di sini.

 

RECOMMENDED BY EDITOR