Brilio.net - Bayi yang tenang menjadi dambaan bagi tiap orangtua. Untuk itu perlu metode yang tepat untuk menidurkan sang pujaan hati. Pola tidur yang baik akan berdampak kualitas tidur yang baik juga untuk sang bayi. Bila pola tidur teratur, bayi pun tidak akan mudah terbangun dan tidurnya menjadi berkualitas.

Menidurkan bayi yang terbangun menjadi tantangan bagi orangtua. Tidak mudah untuk menaklukkan suasana hati bayi yang sedang rewel. Tapi tahukah kamu kalau menidurkan bayi bisa menggunakan cara dan alat yang sederhana saja? Bahkan bisa juga tanpa perlu repot menggendong bayi tersebut.

Berikut ini 5 cara ampuh menidurkan bayi dengan alat sederhana yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan selembar tisu.
Ini cara yang paling sederhana. Tanpa perlu repot-repot menggendong, yang dibutuhkan hanya selembar tisu saja. Tisu itu kemudian akan diusapkan perlahan ke arah mata bayi. Lakukan berkali-kali hingga bayi tertidur.

 

2. Mainkan musik
Bayi juga bisa tertidur dengan iringan musik. Bisa melalui pemutar musik atau juga memainkan alat musik secara langsung. Usahakan musik yang diputar adalah musik yang bertempo lambat.

 

3. Menggunakan kain gendong.

tidur bayi Pixabay

foto: Instagram/@sarwendah29

Kain yang biasa digunakan untuk menggendong bayi di Indonesia adalah kain jarik. Cara ini merupakan cara paling umum yang digunakan para orang tua. Selain ampuh bisa menenangkan, menggendong juga bisa mendekatkan si bayi dengan orang tuanya.

4. Menggendong lalu mensedakepkan tangan bayi
Perlu kehati-hatian untuk menggunakan cara ini. Bayi bisa riskan jatuh jika tidak hati-hati. Tapi cara ini lumayan ampuh lho untuk menenangkan bayi yang rewel.

 

5. Memandikan dengan air hangat.

tidur bayi Pixabay

foto: Pixabay

Ketika menggendong sudah tidak berhasil, sebaiknya mandikan si bayi. Karena biasanya bayi rewel bukan hanya karena mengantuk, lapar dan haus saja.