Brilio.net - Uang menjadi hal penting dalam ranah sepak bola. Klub yang memiliki kekayaan melimpah bisa dengan mudah mendatangkan pemain-pemain bintang. Pemain bintang tentu saja bisa memuluskan jalan untuk meraih juara, sehingga fans dan sponsor terus bertambah setiap musimnya.

Begitu juga dengan tim nasional. Tak sembarang pemain yang dibawa ke kompetisi internasional. Hanya pemain kualitas tertinggi yang bermain di klub dan kompetisi teratas yang bisa masuk skuat utama tim nasional.

Pernah penasaran nggak, jika harga para pemain tim nasional yang berlaga di Piala Dunia ini digabung, tim mana sih yang paling mahal harganya?

Melansir data dari transfermarkt, tim peserta delapan besar Piala Dunia ini memiliki nilai harga tim yang fantastis. Timnas mana yang paling mahal dan kira-kira jaminan juara nggak ya?

tim termahal piala dunia © Instagram

foto: howmuch.net

Daripada penasaran, berikut ini urutan timnas termahal di delapan besar Piala Dunia seperti brilio.net lansir dari laman transfermarkt, Kamis (5/7).

1. Prancis, Rp 15,8 triliun

tim termahal piala dunia © Instagram

foto: Instagram/@equipedefrance

Mungkin sudah bisa ditebak mana tim yang paling dinilai paling mahal di delapan besar Piala Dunia. Ya, Prancis memiliki pemain-pemain kelas dunia yang bermain di liga terbaik Eropa.

Sebut saja Kylian Mbappe yang menjadi pemain termahal kedua dunia dengan nilai pasar 142,8 juta dolar Amerika atau setara dengan lebih dari Rp 2 triliun. Antoine Griezmann menjadi pemain termahal kedua di tim ini dengan nilai pasar Rp 1,7 triliun.

Jika ditotal, tim unggulan juara Piala Dunia 2018 ini punya harga pasar sebesar Rp 15,8 triliun. Itu di luar dari gaji pelatihnya, Didier Deschamps, sebesar Rp 59 miliar. Fantastis!

 

2. Brasil, Rp 14,4 triliun

tim termahal piala dunia © Instagram

foto: Instagram/@cbf_futebol

Brasil menempati peringkat dua tim dengan nilai pemain termahal di Piala Dunia 2018. Neymar menjadi pemain paling mahal di tim ini. Pemain Paris Saint-Germain ini memiliki nilai pasar Rp 3 triliun. Sementara Philippe Coutinho ada di nomor dua dengan nilai Rp 1,7 triliun.

Dengan tim yang dibawa ke Rusia saat ini, total harga pasar pemain Brasil adalah Rp 14,4 triliun. Sementara sang pelatih, Tite, memiliki gaji sebesar Rp 59 miliar.

 

3. Inggris, Rp 12,8 triliun.

tim termahal piala dunia © Instagram

foto: Instagram/england

Harry Kane beberapa kali menjadi pahlawan Inggris hingga sampai bisa tembus babak delapan besar. Tak heran jika ia menjadi pemain paling mahal di tim The Three Lions. Kane memiliki nilai pasar Rp 2,5 triliun, diikuti dengan rekan setimnya di Tottenham Hotspurs, Dele Alli, yang memiliki nilai pasar Rp 1,2 triliun.

Di luar gaji Gareth Southgate senilai Rp 33,6 miliar, timnas Inggris memiliki total nilai Rp 12,8 triliun. Menjadi tim ketiga termahal di Piala Dunia 2018.

 

4. Belgia, Rp 11 triliun

tim termahal piala dunia © Instagram

foto: Instagram/@belgianreddevils

Tak disangka, klub bertabur bintang Belgia baru ada di peringkat empat tim paling mahal. Padahal mereka memiliki pemain top seperti Romelu Lukaku, Eden Hazard, Kevin De Bruyne dan Thibaut Courtois. Total nilai skuat mereka untuk Piala Dunia kali ini sebesar Rp 11 triliun dan peringkatnya di bawah Inggris. Itu belum ditambah dengan Roberto Martinez sebagai pelatih sebesar Rp 16,8 miliar.

 

5. Uruguay, Rp 5,4 triliun

tim termahal piala dunia © Instagram

foto: Instagram/@aufoficial

Nilai yang cukup jauh dimiliki oleh Uruguay. Berada di bawah Belgia, skuat wakil Amerika Selatan ini bernilai Rp 5,4 triliun. Mereka memiliki pemain macam Luis Suarez yang memiliki nilai pasar Rp 1,2 triliun. Sementara tandemnya, Edinson Cavani, dinilai sebesar Rp 1 triliun. Pelatih mereka, Oscar Tabarez, juga memiliki gaji yang fantastis yaitu sebesar Rp 28 miliar.

 

6. Kroasia, Rp 5,2 triliun.

tim termahal piala dunia © Instagram

foto: Instagram/@hns_cff

Kroasia merupakan tim underdog setelah Uruguay yang siap menikung para favorit juara. Mereka memiliki pemain andalan seperti Ivan Rakitic dan Ivan Perisic yang bermain gemilang. Total nilai skuat Kroasia untuk Piala Dunia kali ini sebesar Rp 5,2 triliun. Zlatko Dalic selaku pelatih mendapat gaji sebesar Rp 9,2 miliar untuk di kompetisi empat tahunan ini.

 

7. Rusia, Rp 2,7 triliun.

tim termahal piala dunia © Instagram

foto: Instagram/@teamrussia

Tim tuan rumah menempati peringkat dua terbawah. Memang tak banyak bintang yang ada di skuat Rusia. Belakangan ini yang nilai pasarnya meningkat yaitu Aleksandr Golovin, Rp 308 miliar, dan Fedor Smolov, Rp 274 miliar. Rusia memiliki total nilai Rp 2,7 triliun, di luar dari gaji pelatih mereka sebesar Rp 43,8 miliar.

 

8. Swedia, Rp 2 triliun.

tim termahal piala dunia © Instagram

foto: Instagram/@swemnt

Swedia menjadi tim paling 'murah' di antara perempatfinalis Piala Dunia kali ini. Dengan total Rp 2 triliun, mereka menempati peringkat delapan dari delapan peserta di babak perempat final.

Pemain termahal di tim ini dipegang oleh dua orang, yaitu Emil Forsberg dan Victor Lindelof. Mereka masing-masing memiliki nilai pasar Rp 428 miliar. Sementara gaji Janne Andersson sebagai pelatih adalah Rp 7,5 miliar.