Brilio.net - Yoga selalu identik dengan orang bertubuh kurus karena mengandalkan kelenturan tubuh. Tapi ada lho kelas yoga khusus buat kamu yang bertubuh besar. Kelas yoga milik Sarah Harry diberi nama Fat Yoga.

Di kelas ini wanita-wanita berbobot besar berlatih yoga dengan gerakan yang dibuat khusus sesuai tubuh mereka. Sambil melakukan gerakan peyoga bertubuh besar ini diberikan pengarahan untuk selalu berpikir positif dari perasaan ketidakmampuan dan kecil hati sebelum berlatih.

Fat Yoga © 2016 brilio.net

foto: fatyoga.com.aui

“Tujuan dibuatnya fat yoga adalah untuk menciptakan ruang bagi wanita bertubuh besar untuk berlatih yoga,” jelas Sarah seperti dilansir Dailymail.

Sarah menceritakan, ada salah satu pelaku yoga yang memiliki tubuh besar. Awalnya ia tak percaya diri karena merasa yoga hanya untuk orang bertubuh kurus. “Saya menjadi guru yoga pada usia 40 tahun, meskipun sudah berlatih selama 20 tahun. Awalnya saya juga mengira tubuh berukuran seperti saya ini tidak dapat melakukan yoga,” ujarnya.

Fat Yoga © 2016 brilio.net

foto: fatyoga.com.aui

Saat ini, kelas fat yoga milik Sarah tercatat sebagai satu-satunya kelas yoga pertama yang mengajarkan olahraga asal India itu pada orang-orang bertubuh besar di Australia. Sarah telah membuka beberapa studio yoga di empat lokasi di Australia, salah satunya Melbourne. Sarah menyadari, beberapa peserta kelasnya mungkin tak selalu merasa nyaman dengan nama fat yoga, tetapi belakangan mereka justru menyukainya.

Fat Yoga © 2016 brilio.net

foto: fatyoga.com.aui

“Tapi bila ada seseorang yang kurus datang ke fat yoga, aku sering kali mengatakan pada mereka bahwa ini bukanlah tempat mereka. Wanita-wanita yang ikut kelasku mencari tempat yang aman untuk berlatih yoga, jauh dari pemandangan perut rata dan paha ramping. Mereka perlu tetap merasa aman ketika berlatih,” kata sarah paparnya.

Fat Yoga © 2016 brilio.net

foto: fatyoga.com.aui

Ke depan, Sarah berniat untuk lebih mengembangkan fat yoga ke lokasi lain di Australia. Ia ingin melakukannya secara bertahap. Selain itu dia juga memiliki sedikit kendala menemukan guru yoga yang terbiasa melatih orang-orang bertubuh besar.