Brilio.net - Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih medali perunggu SEA Games 2021. Bertanding melawan Malaysia di My Dình National Stadium, Minggu (22/5), anak asuh Shin Tae-yong berhasil menang adu penalti 4-3.

Dalam pertandingan itu, Timnas Indonesia tampil agresif sejak awal. Dalam lima menit pertama, timnas Indonesia membuat tiga peluang tepat sasaran yang merepotkan pertahanan Malaysia. Pada menit ketiga, sepakan Ronaldo Kwateh dari jarak dekat dapat diblok kiper lawan Muhammad Rahadiazli. Di menit kelima, Witan Sulaeman meraih kesempatan, tetapi bola tendangannya lagi-lagi dapat ditepis Rahadiazli.

Setelah itu, Malaysia yang tertekan pelan-pelan menemukan ritme permainan. Kondisi tersebut membuat skuat Malaysia menciptakan beberapa peluang yang tak berbuah skor. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Timnas Indonesia raih perunggu SEA Games 2021 © Instagram

foto: Instagram/@pssi

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-23 mendapatkan banyak tekanan. Malaysia hampir mencetak gol melalui Azam Azmi pada menit ke-50, namun bola hasil sepakannya melenceng tipis dari gawang Ernando Ari.

Timnas Indonesia U-23 akhirnya mampu membuka keunggulan pada menit ke-69. Gol itu berawal dari umpan terobosan dari Marselino tidak disia-siakan Ronaldo untuk menggetarkan gawang Malaysia dan mengubah skor menjadi 1-0. Unggul satu gol, timnas Indonesia U-23 berusaha untuk bisa mempertahankan keunggulan.

Timnas Indonesia raih perunggu SEA Games 2021 © Instagram

foto: Instagram/@pssi

Di akhir babak kedua, Malaysia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Hadi Fayyadh berhasil bobol gawang Ernando Ari pada menit ke-81. Namun, hingga peluit panjang tak ada gol tambahan. Pertandingan kemudian dilanjut ke babak adu penalti.

Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan 4-3 atas Malaysia pada drama adu penalti. Keempat eksekutor Muhamad Ridwan, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani, dan Marc Klok berhasil melakukan tugasnya, sedangkan Asnawi Mangkualam gagal.

Timnas Indonesia raih perunggu SEA Games 2021 © Instagram

foto: Instagram/@pssi

Adapun eksekutor Malaysia yang berhasil mengeksekusi tendangan penalti adalah Hairiey Hakim Mamat, Harith Haiqal Adam Afkar, Mukhairi Ajmal Mahadi. Sedangkan Hadi Fayyadh Razak dan Luqman Hakim Shamsudin gagal mengeksekusi tendangan penalti. 

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lea)