Brilio.net - National Basketball Association atau NBA merupakan kejuaraan bola basket Amerika Serikat yang populer dan bergengsi di dunia. Pertandingan demi pertandingan NBA selalu dinanti-nanti penggemar bola basket di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

Namun siapa sangka, di balik megahnya kejuaraan NBA di Amerika Serikat, terdapat seorang sosok wasit asal Indonesia yang pernah ditunjuk untuk memimpin salah satu laga NBA. Sosok wasit tersebut bernama Harja Jaladri.

harja jaladri © 2019 brilio.net

Pada tahun 2016 lalu, Jaladri mendapatkan kesempatan memimpin laga dalam NBA Summer League antara Portland Trail melawan Utah Jazz bertempat di Thomas and Mark Center, Las Vegas. NBA Summer League sendiri merupakan sebuah laga eksebisi NBA yang diperuntukkan untuk para pemain muda di tahun pertama (rookie) untuk menapaki kariernya di NBA ke depan.

Sebelumnya, ia mengikuti NBA Summer Camps di Las Vegas, Amerika Serikat untuk mendapatkan pembekalan dari instruktur dan evaluator terbaik NBA. Pencapaian Jaladri tersebut terbilang sangat membanggakan, sebab hanya ada delapan wasit dari seluruh penjuru dunia yang bergabung dengan NBA Summer Camp.

Loading...

harja jaladri © 2019 brilio.net

Selain itu, wasit asal Cirebon ini telah menorehkan sejumlah prestasi di tingkat internasional. Prestasi terbaru, pada Piala Dunia Basket Putra 2019 di China mendatang, Jaladri diamanahi oleh federasi basket dunia, FIBA sebagai salah satu wasit yang akan bertugas. Ia akan menjadi wasit Indonesia pertama yang memimpin laga Piala Dunia Basket. Tak berhenti di situ, pada Olimpiade 2020 mendatang, Jaladri juga berpeluang besar untuk bertugas di pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.

RECOMMENDED BY EDITOR