Brilio.net - Partisipasi Spanyol pada Piala Dunia 2018 di Rusia mendapat ancaman setelah FIFA menaikkan tingkat perhatiannya terkait intervensi politik pada Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). adan sepak bola dunia itu telah memperingatkan RFEF bahwa keterlibatan pemerintah Spanyol pada proses pemungutan suara untuk presiden baru federasi sepak bola dapat membuat mereka dicoret dari Piala Dunia tahun depan.

RFEF saat ini dipimpin oleh Juan Luis Larrea sebagai pemimpin sementara setelah mantan presiden Angel Maria Villar dipaksa mengundurkan diri terkait dakwaan-dakwaan korupsi.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa FIFA belakangan mengirim surat kepada RFEF yang memperlihatkan kecemasan dengan situasi federasi dan mengingatkan bahwa semua anggota federasi semestinya mengatur urusan-urusan dengan independen," demikian pernyataan FIFA dikutip Reuters pada Jumat (16/12).

"Semua asosiasi harus memastikan bahwa tidak ada intervensi dari pihak-pihak ketiga dalam urusan-urusan internalnya. FIFA telah mengontak RFEF dan dalam beberapa pekan mendatang delegasi FIFA dan anggota-anggota UEFA akan pergi ke Madrid untuk menganalisa situasi yang dialami RFEF," tambahnya.

Pernyataan dari RFEF mengatakan bahwa Presiden Larrea telah mendiskusikan situasi dengan anggota-anggota FIFA pada undian Piala Dunia yang berlangsung pada 1 Desember.

"RFEF menyampaikan kecemasan-kecemasan (FIFA) ini kepada menteri olahraga dan berharap dapat mengatur pertemuan perihal masalah ini. RFEF ingin semuanya kembali normal, yang selalu menjadi tujuan utama dewan direksi saat ini," lanjutnya.

"Kami menggaris bawahi bahwa kami semua ingin tim nasional berpartisipasi pada Piala Dunia 2018, khususnya setelah penampilan yang brilian pada kualifikasi," tambahnya.

Sementara, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rahoy mengatakan bahwa ia tidak cemas dengan kemungkinan negaranya akan dicoret dari tampil di Piala Dunia. Spanyol memenangi Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 2010 dan merupakan salah satu tim yang difavoritkan untuk mengangkat trofi di Rusia tahun depan.

"Saya tidak dapat merenungi skenario itu, saya tentu saja yakin bahwa Spanyol akan pergi ke Piala Dunia dan bahwa kami akan memenanginya," kata Rajoy kepada para pewarta di Brussel setelah pertemuan dengan negara-negara anggota Uni Eropa.