Brilio.net - Hujan deras yang beberapa waktu terakhir mengguyur Lombok, memberikan dampak yang begitu besar. Salah satunya dengan kondisi Sirkuit Mandalika yang tengah dipergunakan untuk Balapan World Superbike. Akibat cuaca ekstrem, air pun menggenangi area sirkuit. Dampaknya, balapan yang diagendakan pada Sabtu (20/11) kemarin, terpaksa harus dijadwal ulang.

Hujan mulai mengguyur Sirkuit Mandalika tepat saat balapan akan dimulai. Melihat kondisi itu, panitia memutuskan untuk menunda pertandingan satu jam dari jadwal yang sudah ditetapkan. Akan tetapi rupanya kondisi masih belum membaik. Dengan mempertimbangkan berbagai hal, akhirnya balapan diputuskan untuk ditunda pada hari ini, Minggu 21 November 2021.

"Melihat kondisi cuaca di Sabtu sore saat Pirelli Indonesian di Pertamina Mandalika International Street Circuit, keputusan sulit dibuat untuk menunda balapan Superbike Race 1 ke Minggu," demikian pernyataan resmi Superbike, dilansir brilio.net dari Liputan6.com pada Minggu (21/11).

Jadwal baru world superbike © Instagram

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Instagram/@worldsbk

Panitia akan menyelenggarakan balapan Race 1 Superbike pada hari Minggu pukul 11.00 WITA. Kegiatan ini akan dimulai dengan pemanasan pada pukul 09.00 hingga 09.15 WITA. Sedangkan untuk race kedua akan digelar pada pukul 15.00 WITA.

Sementara itu dilansir brilio.net dari Bola.com, Direktur Eksekutif WorldSBK Gregorio Lavilla ikut memberikan tanggapannya terkait penundaan pertandingan. Ia mengungkapkan penjadwalan ulang Race 1 sebenarnya bukan karena mempertimbangkan aspek di sirkuit, melainkan di luar trek. Selain itu ia pun juga telah berusaha untuk menunggu perubahan cuaca. Namun keputusan perubahan jadwal tetap harus diambil untuk menghindari risiko.

"Sayangnya, hujan tidak pernah berhenti meski pada akhirnya tidak begitu deras. Area yang lebih kritis sebenarnya bukan lintasan, jadi berada di luar lintasan. Jika terjadi kecelakaan, ini bisa menjadi masalah besar bagi para pembalap, jadi sayangnya, kami harus menunda balapan hingga besok (hari ini)," jelasnya.

Jadwal baru world superbike © Instagram

foto: Instagram/@worldsbk

Meski Race 1 harus ditunda, namun balapan Race 2 Asia Talent Cup plus Race 1 World Supersport telah digelar pada Sabtu lalu. Dan berikut jadwal agenda yang akan dilaksanakan pada Minggu (21/11):

09:00-09:15 WITA (WSBK pemanasan)

09:25-09:40 WITA (Supersport pemanasan)

11:00 WITA Race 1 WSBK

12:30 WITA Race 2 ATC

13:30 WITA Race 2 Supersport

15:00 WITA Race 2 WSBK

(brl/lin)

RECOMMENDED BY EDITOR