Brilio.net - Susu telah dinikmati di seluruh dunia selama ribuan tahun. Susu dikenal merupakan minuman yang memiliki mengandung nutrisi yang luar biasa. Manfaat susu juga cukup beragam bagi kesehatan.

Jenis susu yang paling umum dikonsumsi berasal dari sapi, domba, dan kambing. Di seluruh dunia, ada lebih dari 6 miliar orang yang secara teratur mengonsumsi beberapa jenis makanan olahan susu. Nutrisi yang diperoleh dari susu sangat penting bagi tubuh manusia dan membantu mencegah sejumlah penyakit kronis.

Kebiasaan baik minum susu juga terus digaungkan oleh pasangan legenda bulutangkis dunia, Susi Susanti dan Alan Budikusuma. Pasalnya keduanya merasakan betul manfaat dari minum susu apalagi saat keduanya masih aktif di kejuaraan bulutangkis.

"Waktu masih aktif menjadi atlet, saya biasa mengonsumsi susu sebanyak dua kali dalam sehari. Tapi sekarang sudah pensiun jadi atlet minimal segelas per hari," ucap Susi Perayaan World Milk Day dan Hari Susu Nusantara 2020 bersama Frisian Flag baru-baru ini.

Di dalam keluarga pun pasangan ini menerapkan kebiasaan baik minum susu kepada kedua anak mereka.

Loading...

“Kita berikan arahan kepada anak-anak bahwa minum susu itu baik, dan justru jadi kewajiban buat mereka. Sekarang minum susu kaya minum air air, bahkan anak saya yang kecil kalau makan minumnya minum susu dan terbukti jarang sakit," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Alan Budikusuma, meski sudah pensiun dari dunia bulu tangkis, namun Alan masih rutin mengonsumsi susu. Konsumsi susu mereka imbangi dengan olahraga setiap hari seperti jalan kaki maupun jogging ringan. Pasalnya seorang atlet yang sudah pensiun harus tetap berolahraga untuk menjaga kesehatan jantungnya.

“Saya doyan mengonsumsi susu. Bahkan bisa menghabiskan dua liter susu setiap hari,” kata Alan.

Sementara itu, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Hardinsyah juga menyampaikan kebaikan-kebaikan yang terkandung dalam segelas susu. Susu adalah salah satu sumber protein hewani yang juga mengandung berbagai zat gizi, baik makro maupun mikro, seperti vitamin dan mineral untuk membantu tubuh tumbuh sehat dan kuat.

“Sejarah gizi menunjukkan bahwa susu berperan baik dalam diet manusia sehari-hari. Bagi seorang remaja atau dewasa, dalam segelas susu terkandung separuh kebutuhan kalsium dan vitamin D, memenuhi seperlima sampai sepertiga (20-30%) kebutuhan protein, vitamin B6, B9, B12, E dan fosfor, serta sepersepuluh sampai seperenam (10-15%) kebutuhan energi, lemak yang unik, vitamin B5, zink, selenium dan magnesium," tutur Prof. Hardinsyah.

Prof. Hardinsyah juga menyebut semua zat gizi ini turut membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Adapun pertumbuhan dan kekuatan tulang, gizi, serta kekuatan otot dan kemampuan berpikir.

Prof. Hardinsyah menekankan bahwa susu merupakan pelengkap pemenuhan kebutuhan gizi bagi semua orang yang bisa mengonsumsinya. Tidak hanya baik dikonsumsi anak, susu juga baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh remaja dan orang dewasa untuk melengkapi pemenuhan gizi seimbang yang merupakan investasi untuk hidup sehat, cerdas, dan kuat di masa sekarang dan masa datang.

Sayangnya belum banyak dari masyarakat yang memahami hal tersebut, diukur dari rendahnya konsumsi susu penduduk Indonesia yang rata-rata adalah 17kg perkapita pertahun.

“Maka dari itu, penting untuk kita semua mengingatkan keluarga Indonesia untuk membangun kebiasaan baik minum susu setiap hari,” tutup Prof. Hardinsyah.

RECOMMENDED BY EDITOR