Brilio.net - Indonesia berhasil mendapatkan emas ke-3 dari cabang olahraga lompat jauh putri T20, Senin (8/10). Rica Oktavia tampil sebagai juara dalam pertandingan di GBK, Senayan, Jakarta. Pencapaian ini sesuai dengan target awal yang dipatok Rica.

Rica unggul 0,07 meter setelah berhasil melompat sejauh 5,25 meter. Perolehannya mengalahkan atlet asal Malaysia, Siti Noor Radiah dengan lompatan 5,18. Sedangkan medali perunggu menjadi milik atlet asal Jepang Sakai Sonomi yang mencatatkan lompatan 5,02 meter.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

8.10.2018 . Selamat Rica Oktavia, medali EMAS dari Lompat Jauh T20 mengalahkan wakil Malaysia dan Jepang. Ia berhasil mencapai lompatan 5,25m melampaui rekor personal sebelumnya. . Ini adalah emas ketiga yang diraih oleh Tim Indonesia. Terima kasih pahlawan-pahlawanku. -IN . #AsianParaGames2018 #ParaInspirasi #ParaAtletik

A post shared by Imam Nahrawi (@nahrawi_imam) on

Gadis kelahiran 1993 ini termasuk dalam intellectual impairment atau memiliki kekurangan IQ di bawah standar normal. Rica kesusahan dalam menerima pelajaran, tapi dari segi fisik maupun bicara ia terlihat normal seperti biasanya.

Dengan tambahan ini, Indonesia telah mengumpulkan 3 medali emas, 4 perak, dan 5 perunggu. Hasil ini menempatkan Indonesia di urutan ke-6 daftar perolehan medali sementara, di bawah China, Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan, dan Iran.