Brilio.net - Januari ini Gianluigi Buffon genap 40 tahun. Dan akhir musim kiper Juventus ini sudah memutuskan gantung sarung tangan.

Dalam wawancara dengan Der Spiegel belum lama ini, Buffon mengungkap penyesalan terbesar yang dialaminya sepanjang karier sebagai pesepak bola profesional. Apakah kekalahan Juventus dari Barcelona di final Liga Champions? Ternyata bukan.

Kiper kelahiran 28 Januari ini menyebut kegagalan tampil di Piala Dunia 2018 sebagai penyesalan terbesar di sisa hidupnya. "Penyesalan yang akan saya alami di sisa hidup," katanya.

Buffon © beragam sumber

foto: vavel.com

"Yang membuat saya bersedih saya tak bisa bermain dengan rekan-rekan yang sudah berbagi kesenangan selama 10 tahun terakhir."

Memori Buffon terhadap Piala Dunia memang begitu membekas. Lebih-lebih, kiper jebolan akademi Parma merupakan salah satu anggota Italia saat memenangi Piala Dunia 2006.

"Italia selalu menunjukkan kemampuan kembali seusai kegagalan. Setelah Piala Dunia yang buruk di Afrika Selatan kami mampu mencapai final Piala Eropa pada 2012," kenangnya.

Buffon © beragam sumber

foto: pinterest.com

Buffon menyebut nama-nama seperti Andrea Pirlo, Roberto Baggio, Francesco Totti dan Alessandro Del Piero, sebagai rekan-rekan terhebatnya di tim nasional. Bersama mereka, Buffon menjadi bagian generasi terbaik sepak bola Italia.

Selepas Buffon, Italia kini menggantungkan harapan kepada kiper muda AC Milan Gianluigi Donnarumma. Pemilik 175 caps di timnas ini memberikan penilaiannya kepada Donnarumma.

Buffon © beragam sumber

foto: fourfourtwo.com

"Kiper yang mengikutiku? Saat ini Donnarumma. Pada level Eropa dia masih muda dan normal rasa ingin tahunya tinggi. Tetapi dia adalah sosok dengan skill luar biasa," jelasnya.

DATA DIRI
Nama: Gianluigi Buffon
Tanggal Lahir: 28 Januari 1978
Kewarganegaraan: Italia

Karier:
1995–2001: Parma 168 (caps)
2001-...... : Juventus 498 (caps)

1997–2017: Italia 175 (caps)