Brilio.net - Kabar mengejutkan dari atlet bulu tangkis berprestasi Indonesia, Tontowi Ahmad. Ia baru saja mengabarkan bahwa dirinya pamit dari dunia olahraga bulu tangkis yang telah membesarkan namanya. Atlet berusia 32 tahun ini mengabarkan kabar tersebut melalui postingan foto di akun Instagram @tontowiahmad_ pada Senin (18/5).

Dalam postingannya, Tontowi Ahmad mengatakan bahwa ia senang sudah bisa merasakan suka duka sebagai seorang atlet bulu tangkis. Meskipun tidak menyudahi semua yang dia perjuangkan di podium, ini sudah menjadi keputusan finalnya.

Tontowi juga menyadari bahwa tidak ada hidup yang benar-benar sesuai dengan rencana manusia. Namun dia bersyukur bisa mengharumkan nama Indonesia di bidang olahraga bulu tangkis.

Banyak hal yang dapat dibanggakan dari sosok atlet Tontowi. Mengawali karier tahun 2005 dengan masuknya Tontowi pada salah satu klub badminton, namanya semakin besar pada tahun 2010 setelah dirinya dipasangkan dengan atlet hebat, Liliyana Natsir di lapangan. Bersama dengan Natsir, Tontowi mencetak penghargaan dan kenangan sebagai grup ganda campuran.

Dilansir dari bwfbadminton.com, total kemenangan Tontowi Ahmad selama ia berkarier hingga saat ini yaitu sebanyak 408 kali. Sebagai pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir mendapatkan peringkat ke-20 untuk world ranking, dan peringkat ke-45 untuk world tour ranking.

Loading...

Berikut ini brilio.net ulasan deretan prestasi Tontowi Ahmad selama berkarier di dunia bulu tangkis yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (18/5).

1. SEA Games.

prestasi tontowi ahmad Instagram

foto: Instagram/@tontowiahmad_

Pada 2011 untuk pertama kalinya Tontowi Ahmad mendapatkan medali emas di pesta olahraga Asia Tenggara (SEA Games). Total untuk SEA Games dia mendapatkan dua medali emas pada grup ganda campuran dan men's team.

2. Word Championships.

prestasi tontowi ahmad Instagram

foto: Instagram/@tontowiahmad_

Dua tahun setelahnya Tontowi mendapatkan kembali dua medali emas di kejuaraan World Championships. Medali pertamanya didapatkan pada tahun 2013 di Guangzhou dan tahun 2017 di Glasgow. Liliyana Natsir sebagai partner di lapangan pada saat itu.

3. Olympic Games.

prestasi tontowi ahmad Instagram

foto: Instagram/@tontowiahmad_

Ajang kejuaraan yang paling bergengsi seperti Olympic pun bisa ditaklukkan oleh duo ganda campuran Tontowi dan Liliyana. Keduanya berhasil membawa medali emas untuk kategori ganda campuran pada tahun 2016 lalu di Rio de Janeiro. Saat itu pujian dan ucapan selamat mengalir deras untuk atlet hebat ini. Bahkan pemerintah pun kagum dengan apa yang sudah mereka cetak.

4. Asian Games.

prestasi tontowi ahmad Instagram

foto: Instagram/@tontowiahmad_

Pada perhelatan Asian Games Jakarta-Palembang pada tahun 2018 kemarin, Tontowi juga membawa medali perak dan silver pada kategori ganda campuran dan men's team. Meskipun hanya membawa medali silver dan perunggu, akan tetapi usaha Tontowi tidak pernah sia-sia.

5. Asian Junior Championships.

prestasi tontowi ahmad Instagram

foto: Instagram/@tontowiahmad_

Di awal kariernya sebagai atlet bulu tangkis, Tontowi sudah membuat bangga orang di sekitarnya. Meski mendapatkan medali perunggu, Tontowi sudah membuktikan pada semuanya bahwa dia layak menjadi atlet profesional yang bisa menjuarai kejuaraan dunia.

6. BWF Superseries.

prestasi tontowi ahmad Instagram

foto: Instagram/@tontowiahmad_

Dalam kejuaran ini Tontowi bermain di dua turnamen yaitu BWF Superseries dan BWF Superseries Premier. Masih bersama dengan Liliyana Natsir, pasangan ganda campuran tercatat 16 kali juara satu, dan 8 kali menjadi runner-up.

7. Indonesia Open.

prestasi tontowi ahmad Instagram

foto: Instagram/@tontowiahmad_

Pada tahun 2006, sebelum dipasangkan dengan Liliyana Natsir. Tontowi lebih dulu dipasangkan dengan Richi Puspita Dili. Saat itu adalah pertama kalinya Tontowi menjuarai turnamen internasional pertama. Setelah itu dia pun mondar-mandir untuk mengikuti turnamen kelas internasional.

RECOMMENDED BY EDITOR