Brilio.net - Paris Saint Germain (PSG), klub yang berbasis di Kota Paris, Prancis, ini masih belum selesai bikin sensasi.

Setelah sukses memboyong Neymar dari Barcelona dengan nilai transfer mencapai sekitar Rp 3,5 triliun, mereka kini santer diberitakan akan merekrut bintang muda lainnya Kylian Mbappe.

Kabar ini tentu mengejutkan. Apa pasal, karena dari harga pasaran yang beredar sekarang nilai bintang muda Monaco itu berada di angka 180 juta euro. Jika dirupiahkan sekitar Rp 2,8 triliun lebih. Sudah mengeluarkan Rp 3,5 triliun lalu merogoh kocek Rp 2,8 triliun tentu menjadi keputusan yang tak masuk akal.

Tapi dikutip dari ESPN, Selasa (29/8), PSG akan menggunakan skema peminjaman dengan opsi pembelian di musim berikut untuk merealisasikan mimpi mereka membangun skuad mewah, yang tentu saja disambut suka ria oleh tim.

"Dia (Mbappe) mengatakan akan segera resmi," kata Adrien Rabiot, salah satu gelandang PSG. Rabiot mengungkap kehadiran Mbappe akan membuat lini serang Les Parisiens, julukan PSG, akan semakin menakutkan.

Bicara skema pinjaman, sekarang sepertinya menjadi pilihan klub-klub papan atas Eropa untuk memperkuat diri.

Kalinic © calciomercato.com

Nicola Kalinic didatangkan Milan juga dengan skema pinjaman. (foto: calciomercato.com)

I Rossoneri, julukan Milan, memakai opsi peminjaman untuk beberapa rekrutannya. Seperti Nicola Kalinic dan Franck Kessie. Tercatat, total pengeluaran Milan untuk membeli 11 pemain termasuk Kalinic dan Kessie mencapai sekitar Rp 3,3 triliun.

Skema ini dipakai untuk menghindari sanksi pelanggaran terhadap Financial Fair Play (FFP) yang diterapkan sejak 2011.

Klub memilih cara tersebut supaya bisa mengurangi pengeluaran yang melanggar sembari menyiapkan strategi lain untuk menutupi kemungkinan defisit. Karena inti dari aturan FFP adalah menyeimbangkan neraca keuangan. FFP menindak klub sarat utang.

Klub yang memilih strategi peminjaman pasti sudah punya langkah menyeimbangkan neraca keuangan mereka. Di antaranya menyertakan pemain lain dalam klausul pembelian untuk mengurangi beban pengeluaran. Atau dengan menjual sejumlah pemain. Bisa juga strategi marketing lainnya.

Mundo Deportivo melaporkan bahwa di balik mega transaksi Neymar, konon sudah terjadi kesepakatan jika bintang Brasil itu akan menjadi duta untuk Piala Dunia Qatar.

Nah, bayarannya kabarnya mencapai 200 juta poundsterling, yang mana cukup membayar release clause yang sudah dikeluarkan PSG.

Jadi, seperti kata Chairman PSG Nasser Al-Khelaifi seusai transfer Neymar, bahwa tidak usah terlalu khawatir dengan kemungkinan sanksi.