Brilio.net -  

Pertemuan pertama Indonesia melawan Singapura terjadi di semifinal AFF 1998, saat itu Indonesia kalah 1-2 dari Singapura pada laga yang berlangsung di Ho Chi Minh City. Satu gol Indonesia dicetak Miro Baldo Bento.

Setelah pertamuan tersebut, Indonesia tak pernah meraih kemenangan dari Singapura. Indonesia bak tanpa power dalam menghadapi Singapura. Termasuk pada final Piala AFF 2005, ketika itu Indonesia kalah 1-3 di leg pertama dan 1-2 di leg kedua.

Lalu bagaimana sejarah Timnas Indonesia vs Singapura? Berikut fakta-fakta sejarahnya yang dilansir brilio.net, Kamis (8/11) dari berbagai sumber.

1. Indonesia vs Singapura 1-2

Piala AFF 2018, ini fakta sejarah Timnas Indonesia vs Singapura istimewa

foto: Liputan6.com

Ini merupakan kali pertama pertemuan Indonesia dan Singapura. Saat itu terjadi pada Piala Tiger 1998, tepatnya pada 3 Spetember 1998. Singapura, juara Grup B melawan Indonesia, runner-up Grup A, di Stadion Thong Nhat, Kota Ho Chi Minh Vietnam.

Sebuah pertandingan awal yang menyedihkan bagi Indonesia. Pasalnya hanya butuh waktu 12 menit bagi singapura untuk mengantarkan bola ke gawang Indonesia. Saat itu Rafi Ali menjadi pencetak gol pertama dalam pertandingan tersebut. Sebelum memasuki menit ke-30, kembali Nazri Nasir menggiring bola ke gawang Indonesia. Singapura unggul 2-0 atas Indonesia.

Tim Merah-Putih akhirnya membalas dengan mencetak gol pada menit ke-34. Saat itu Miro Baldo Bento memberikan sedikit peluang untuk Indonesia bernapas lega. Sayangnya, gol yang dihasilkan Indonesia merupakan gol terakhir dalam lagi tersebut. Sehingga Indonesia vs Singapura menghasilkan 1-2.

2. Indonesia vs Singapura 0-0

Piala AFF 2018, ini fakta sejarah Timnas Indonesia vs Singapura istimewa

foto: Liputan6.com

Pertemuan kedua Indonesia vs Singapura terjadi pada 9 Desember 2004. Pertandingan keduanya berlangsung di Stadion Thong Nath. Di pertandingan kedua ini begitu menegangkan. Dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2004 ini, Indonesia vs Singapura berakhir imbang tanpa gol.

3. Indonesia vs Singapura 1-3

Piala AFF 2018, ini fakta sejarah Timnas Indonesia vs Singapura istimewa

foto: Liputan6.com

Indonesia berhasil menyingkirkan Malaysia di semifinal Piala AFF 2004 dengan agregat 5-3 dan Singapura berhasil mengalahkan Myanmar dalam agregat 8-5. Dengan demikian Indonesia vs Singapura kembali dipertemukan. Pertandingan ini dilangsungkan dalam dua leg.

Leg pertama Indonesia menjadi tuan rumah dan pertandingan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 8 Januari 2005. Dalam pertandingan ini Singapura lagi-lagi unggul 3-1 atas Indonesia. Gol Singapura dicetak Daniel Bennett, Khairul Amir, dan Agus Casmir. Gol Indonesia lahir lewat aksi Mahyadi Pangabean.

4. Indonesia vs Singapura 1-2

Piala AFF 2018, ini fakta sejarah Timnas Indonesia vs Singapura istimewa

foto: Liputan6.com

Pertemuan leg kedua final Piala AFF 2004 antara Indonesia vs Singapura berlangsung di Stadion Lama, di Kallang. Pada pertandingan ini Indonesia kembali harus menerima kekalahan, 1-2. Gol Singapura dicetak Indra Sahdan Daun dan Agu Casmir. Sedangkan gol Indonesia diciptakan Elie Aiboy. Singapura pun menjadi juara dengan agregat 5-2 atas Indonesia.

5. Indonesia vs Singapura 2-2

Piala AFF 2018, ini fakta sejarah Timnas Indonesia vs Singapura istimewa

foto: istimewa

Tiga tahun berlalu usai Singapura mengalahkan Indonesia pada AFF 2004, Singapura kembali menyambangi Indonesia dengan bertanding di Stadion Nasional. Pada pertandingan Piala AFF 2007, Indonesia vs Singapura bermain imbang 2-2. Gol Indonesia dicetak lewat Ilham Jaya Kusuma dan Zaenal Arief, sedangkan gol Singapura oleh Noh Alam Shah dan Indrta Shahdan Daut.

6. Indonesia vs Singapura 0-2

Piala AFF 2018, ini fakta sejarah Timnas Indonesia vs Singapura istimewa

foto: Liputan6.com

Pada pertandingan ketiga Piala AFF 2008, menjadi pertandingan penentu antara Indonesia dan Singapura. Dalam pertandingan ini menang akan menuju ke semifinal sebagi juara grup, sementara satu lainnya sebagai runner up. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 9 Desember 2008 ini dimenangkan Singapura dengan 2-0.

7. Indonesia vs Singapura 1-0

prestasi timnas aff bola.com

foto: istimewa

Bak mengukir sejarah, Indonesia berhasil unggal satu angka atas Singapura pada 28 November 2012 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Gol tunggal tersebut dicetak Andik Vermansyah pada menit 88.