Brilio.net - Pertamina bakal menggelar ajang lomba lari dan festival ramah lingkungan bertajuk, Pertamina Eco RunFest 2022 pada 27 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Bukan cuma lomba lari, di ajang yang mengusung tema Energizing The Great Start ini, peserta juga bisa menikmati eco-fest, festival ramah lingkungan yang menyajikan konser musik dan bazar (eco-market) yang menampilkan produk-produk UMKM binaan Pertamina.

Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyalakan energi positif dan menginspirasi semua generasi untuk memulai gaya hidup berkelanjutan (sustainable living).

“Mengapa sustainable living ini penting? Kita semua tahu bahwa kita dihadapkan dengan tantangan perubahan iklim yang bahayanya semakin nyata di depan mata, seperti naiknya suhu bumi, kenaikan batas air laut dan juga terjadinya banjir dan badai,” ujar Brahmantya pada Press Conference Pertamina Eco RunFest 2022, Kamis (27/10/2022).

Pertamina Eco-Run © 2022 brilio.net Jersey Pertamina Eco RunFest 2022

Rupanya ajang ini cukup mendapat antusiasme masyarakat, terbukti 7.500 tiket untuk eco-run sudah ludes terjual. Sementara untuk tiket eco-fest masih tersedia kendati jumlahnya sudah semakin sedikit. Untuk eco-run dibagi dalam beberapa kategori yakni 1,5K Family Run yang dapat diikuti anak (usia 7-12 tahun) dan juga pendamping (lebih dari 17 tahun), 5K Fun Run yang dapat diikuti semua usia, 10K Race dengan kategori Pelajar (usia 13-17 tahun), Umum (usia 18-44 tahun) dan Master (lebih dari 45 tahun), yang juga terdapat kategori baru yakni ada Half Marathon 21K Race dengan kategori Umum (usia 18-44 tahun) dan Master (lebih dari 45 tahun).

“Para peserta eco-run akan mendapatkan race pack berupa jersey ekslusif, tas serut, dan BIB (nomor pelari menggunakan chip) yang dapat diambil pada 24-26 November 2022. Selain itu, seluruh peserta juga berkesempatan meraih doorprize dan mendapatkan medali ekslusif pada hari pelaksanaan serta hadiah senilai ratusan juta rupiah untuk para pemenang lari di kategori 10K dan 21K,” jelas Race Director Pertamina Eco RunFest 2022, Satrio Guardian.

Pertamina Eco-Run © 2022 brilio.net Pertaminaecorunfest.com

Untuk rute eco-run akan berlangsung mulai dari area Gelora Bung Karno hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Meski ajang yang berhadiah total Rp500 juta ini dilakukan di Hari Minggu yang berbarengan dengan Car Free Day, namun pihak penyelenggara sudah mempersiapkan dengan matang jalur lari yang akan digunakan.

“Untuk traffic-nya, kita siapkan petugas (marshall) setiap 100 meter. Akan ada juga petugas traffic controller. Kenapa per 100 meter karena keamanan adalah prioritas. Jadi titik pengamanan marshall akan ditempatkan di sepanjang rute, lengkap dengan titik hydration point per 2 KM, serta support ambulance yang dilengkapi dengan alat pacu jantung. Kita juga menggunakan cone pada jalur lari untuk memisahkan peserta eco run dengan masyarakat yang menikmati car free day,” terang Satrio.

Festival ramah lingkungan  

Pertamina Eco-Run © 2022 brilio.net

Selain lari, ajang ini juga akan menggelar eco-fest yang menyajikan konser musik (Energizing Musik Festival ) hingga eco-market. Program Director Pertamina Eco RunFest 2022, Ayu Fadhillah mengungkapkan, eco-fest digelar pada hari yang sama mulai pukul 09.00 - 23.00 WIB. Untuk menikmati Ecofest ini, pengunjung bisa membeli tiket masuk dengan harga tiket presale Eco-Fest Rp 115.000 dan Harga tiket normal Rp 165.000.

Untuk, konser musik akan digelar di tiga panggung yang tersebar di area Istora Senayan dan akan dimeriahkan 20 musisi favorit lintas generasi yakni Cokelat, Gigi, Rossa, Rizky Febian, Marion Jola, JKT48, RAN, Maliq & D'essentials, Pusakata, Hivi!, The Changcuters, Oom Leo Berkaraoke x Ello x Cantika Abigail, Lalahuta x Jaz, Rendy Pandugo, Soegi Bornean, Dekat Band dan Riri Moeya.

“Pengunjung juga dapat menikmati communal area dan beragam instalasi dan workshop menggunakan reusable material. Dalam kegiatan ini Pertamina juga menyiapkan waste management untuk keseluruhan sampah di ajang ini yang akan diolah kembali (recycle),” kata Ayu.

Acara ini pun mendapat respons dari pasangan selebriti Andien Aisyah dan Irfan Wahyud yang bakal ikut di ajang lari 10K. Menurut Andien, konsep eco-friendly yang diterapkan dalam ajang ini bisa menjadi edukasi gaya hidup berkelanjutan (sustainable living) yang dikemas secara fun bagi berbagai generasi. “Yang keren adalah beberapa material yang digunakan di acara ini adalah eco-friendly dan reusable,” ujar Andien.