Brilio.net - Senam lantai disebut juga floor exercise mungkin tidak lagi asing di telingamu. Senam lantai adalah salah satu jenis cabang olahraga yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh dan mental.

Meskipun terlihat aman dilakukan, salah satu jenis senam ini bisa dikatakan ekstrem karena memerlukan keterampilan yang ekstra dengan menonjolkan gerakan yang indah, rumit luwes, seimbang, dan lentur.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (16/3), berikut penjelasan dan jenis-jenis senam lantai.

Pengertian Senam Lantai.

senam lantai © pixabay.com

foto: pixabay.com

Senam lantai adalah salah satu jenis olahraga yang dilakukan dengan gerakan di lantai dan menggunakan matras sebagai alasnya. Senam berasal dari kata “gymnastic” yang dilakukan di ruang khusus dengan memadukan performa gerak, kekuatan, kecepatan, dan gerak yang serasi.

Matras dalam senam lantai berfungsi sebagai alat bantu utama dalam mengurangi risiko terjadinya cedera. Hal ini karena gerakan senam lantai banyak bersentuhan dengan lantai, seperti berguling, melompat hingga meloncat.

Idealnya, luas lantai untuk senam lantai adalah 12 x 12 meter di dalam ruangan berukuran 14 x 14 meter. Lantai dilapisi karpet dengan tebal kira-kira 0,045 meter.

Jenis Senam Lantai.

senam lantai © pixabay.com

foto: pixabay.com

Senam lantai terdiri dari gerakan akrobatik dan tumbling dengan memakai alat bantu atau tidak.

1. Senam Tanpa Alat.

Senam tanpa alat dilakukan di atas lantai dengan menggunakan matras. Jenis senam ini juga biasa disebut dengan senam bebas karena gerakan-gerakan di dalamnya tidak menggunakan alat.

2. Senam dengan Alat.

Dilakukan dengan menggabungkan beberapa unsur gerak menjadi rangkaian gerak yang tidak terputus. Gerakan dalam senam ini memerlukan beberapa alat untuk mendapat efek artistik.

Manfaat Senam Lantai.

senam lantai © pixabay.com

foto: pixabay.com

Tujuan senam lantai adalah untuk membentuk dan meningkatkan kemampuan gerakan senam dengan alat. Secara umum, berikut adalah manfaat senam lantai:

1. Melatih kelincahan tubuh
2. Memperkuat otot bagian lengan, paha, pinggang, kaki, dada, dan perut
3. Membakar lemak tubuh
4. Melatih fokus
5. Meningkatkan kekuatan jantung dan sirkulasi darah lancar
6. Melatih kekuatan dan keseimbangan fisik.

Senam lantai juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental.

Manfaat senam lantai secara fisik untuk mengembangkan komponen kebugaran fisik dan kemampuan gerak. Senam lantai terdiri dari berbagai pola gerakan untuk melatih daya tahan otot, kekuatan, kelenturan, koordinasi, kelincahan, dan keseimbangan tubuh.

senam lantai © pixabay.com

foto: pixabay.com

Manfaat senam lantai secara mental adalah melatih kemampuan berpikir secara cepat dan analitik melalui pemecahan masalah pergerakan. Beberapa jenis gerakan senam yang menuntut keberanian dan pertimbangan yang baik dan cepat, seperti flik-flak, salto dan kontra salto, lompat dan guling di atas peti lompat.