Brilio.net - Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Begitulah yang terjadi pada keluarga legenda bulu tangkis Taufik Hidayat. Mantan pemain tunggal putra tersebut mengatakan bahwa sang putra, yakni Nayutama Prawira Hidayat menyukai beberapa cabang olahraga, satu di antaranya ialah bulu tangkis.

Kendati demikian, Taufik Hidayat justru menyarankan agar sang putra tak turut mengikutinya jejaknya menjadi atlet. Menurut dia, ada beberapa alasan yang mendasari sikapnya tersebut.

"Kalau anak laki-laki saya dia bisa bulutangkis, basket, dan sepak bola. Cuma, ujung-ujungnya saya bilang sudahlah sekolah saja," kata Taufik saat menjadi bintang tamu pada podcast YouTube Deddy Corbuzier.

Kepada Deddy Corbuzier, Taufik pun kemudian mengungkapkan alasan tersebut.

"Olahraga itu gambling (perjudian), Orang hanya melihat di ujungnya saja, bukan prosesnya gimana. Memang mereka tahu. Olahragawan itu berat karena lawannya diri sendiri," kata Taufik

 

"Juara itu juga cuma 1, jadi kalau ada 10 pemain terbaik, 9 lagi ke mana. Seperti misalnya angkatan saya, selain saya yang lain banyak yang tidak tahu ke mana mereka sekarang," imbuhnya.

Kendati demikian, Taufik juga menegaskan bahwa dirinya tidak akan melarang jika nantinya sang putra memilih jadi atlet.

"Seseorang kalau ada kemauan dan bisa memanfaatkan talenta yang dikasih Tuhan, bisa jadi atlet seperti saya dan yang lain, bahkan lebih. Masalahnya, proses jadi atlet itu berat, jadi anak saya mau tidak terima tantangan itu? Saya gak mau anak saya jadi atlet, tapi kalau dia mau jadi atlet tidak apa-apa. Masalahnya siap tidak anak saya dengan program latihan dan embel-embel nama saya," urai Taufik Hidayat.

Lebih jauh, Taufik lalu mengatakan bahwa ada beban tersendiri ketika seorang anak menyandang embel-embel nama besar orangtuanya. Pasalnya, mereka harus siap selalu dibanding-bandingkan. Taufik tak mau kondisi seperti itu dialaminya anaknya.

"Contoh ya Icuk Sugiarto punya anak pemain bulutangkis juga, Tommy Sugiarto. Pasti orang-orang membandingkan Icuk dulu juara dunia, kok anaknya enggak. Anak saya kalau mau jadi olahragawan silakan," jelas Taufik Hidayat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Nayo in action @nayottama.hidayat

A post shared by TaufikHidayatOfficial (@taufikhidayatofficial) on

 

"Tapi, kalau yang lain merasa punya talenta, dan mau jadi atlet silakan saja. Terutama untuk bulutangkis sekarang bisa untuk hidup bisa wow. Lihat saja Kevin/Gideon bisa dapat kontrak 1 juta dolar AS setahun, siapa yang tidak mau," pungkasnya.