Brilio.net - Kalau kamu mengikuti siaran Piala Dunia 2018 pasti sudah tidak asing lagi dengan pemandangan di mana pemain bukannya menelan air yang diminumnya, tetapi justru meludahkannya. Harry Kane dan Cristiano Ronaldo salah dua pemain yang pernah melakukan hal tersebut.

spitting water © 2018 brilio.net

foto: businessinsider.sg

Hal tersebut tentunya memicu pertanyaan, apa alasan di balik dilakukannya hal tersebut?

Dilansir dari Live Science, diludahkannya minuman tersebut karena pemain yang bersangkutan mungkin mempraktikkan 'pembilasan karbohidrat'. Praktik tersebut dilakukan dengan cara berkumur dengan cairan karbohidrat selama 5-10 detik sebelum akhirnya meludahkannya.

Loading...

Meskipun terkesan jorok, beberapa riset menunjukkan bahwa kebiasaan tersebut dapat meningkatkan performa atletik dengan intensitas yang tinggi, yakni sekitar 1 jam. Ini cocok untuk diterapkan pada kegiatan seperti bersepeda dan berlari.

Lebih jauh, Dr Souvar Poddar, dokter olahraga di UCHealth, Denver menjelaskan bahwa tidak ditelannya kabohidrat oleh para atlet tersebut bertujuan untuk menghindari masalah pencernaan.

Meski begitu, beberapa peneliti masih menyangsikan jika 'pembilasan karbo' dapat memperbaiki kinerja. Namun mereka percaya bahwa ketika menerima karbohidrat, reseptor karbohidrat di mulut akan mengaktifkan area tertentu di otak yang mana nantinya akan meningkatkan fungsi motorik tubuh.

RECOMMENDED BY EDITOR