Brilio.net - Musim balap motor internasional 2018 bakal segera dimulai. Beberapa pabrikan mulai memperkenalkan line up pebalap mereka untuk musim tahun ini. Salah satunya dilakukan Yamaha Motor Co, Ltd.

Nah baru-baru ini, Yamaha Motor memperkenalkan para pebalap yang akan berkompetisi di musim 2018. Dalam acara bertajuk “Yamaha Motorsport Media Conference 2018” yang digelar di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, Yamaha Motor secara resmi memperkenalkan jajaran pebalap Superbike World Championship, All Japan Road Race Championship, dan Asia Road Racing Championship.

Yang menarik sederet pebalap Indonesia juga nggak mau ketinggalan. Mereka adalah Galang Hendra Pratama, pebalap tim PATA Yamaha. Lalu ada Richard Taroreh, pebalap tim Yamaha Racing Indonesia untuk Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018. Selain itu ada juga pebalap belia berusia 15 tahun asal Jawa Timur M Faerozi yang akan turun di kelas Asia Production 250 cc (AP250), serta Wahyu Aji Trilaksana yang akan turun di kelas Underbone 150 cc (UB150).

Pebalap Yamaha © 2018 brilio.net Rider Yamaha Racing Indonesia bersama Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Kerennya lagi, mereka bersanding dengan pembalap kelas dunia seperti Valentino Rossi, Maverick Vinales, Johann Zarco serta Michael van der Mark yang telah malang melintang di balapan dunia.

Nggak cuma itu, Yamaha juga melanjutkan upayanya mengembangkan pembalap muda dengan menciptakan struktur step-up berjenjang. Tujuannya agar calon pebalap bisa membuka jalan mencapai puncak balapan motor. Program ini telah dimulai di Asia sejak 2015 silam.

“Kami sangat gembira dengan hasil yang telah dicapai di mana pebalap All Japan Road Race Championship dan ARRC musim lalu telah mulai memasuki kategori balap road racing Eropa,” ujar General Manager Yamaha Motor Company Keitaro Horikoshi dalam rilis yang diterima Brilio.net.

Pebalap Yamaha © 2018 brilio.net Valentino Rossi menilai rider Asia mempunyai skill dan potensi yang bagus

Tak cuma itu, tahun ini Yamaha VR46 Master Camp yang bekerjasama dengan VR46 Riders Academy Valentino Rossi juga akan digelar kembali.

“Kami sudah bekerjasama, antara Yamaha dengan Master Camp. Kami sudah bekerja dengan beberapa pebalap Asia. Saya menilai mereka mempunyai skill dan potensi yang bagus. Saya yakin kita akan bisa melihat pembalap Asia di balap dunia pada masa mendatang,” ucap Valentino Rossi, pebalap Movistar Yamaha MotoGP.

Program ini pertama dimulai pada 2016. Sedikitnya The Camp  telah empat kali diselenggarakan dalam dua tahun terakhir. Ada  23 pebalap dari 12 negara dari seluruh dunia—terutama dari Asia–bakal dipilih untuk berpartisipasi.

Pebalap Yamaha © 2018 brilio.net Step-up karier rider dijelaskan General Manager Yamaha Motor Company, Keitaro Horikoshi

Galang, termasuk peserta program ini. Dia juga sudah menunjukkan kemampuannya sebagai hasil didikan langsung Valentino Rossi. Tahun lalu Galang mencatat sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang meraih kemenangan di Kejuaraan Dunia balapan sepeda motor di World Supersport 300. Tahun ini Galang akan menjalani balapan full series menggunakan YZF-R3 di World Supersport 300.

Tahun ini Yamaha Racing Indonesia mengusung misi “Untuk Merah Putih Semakin Di Depan”. Para pebalap muda ini punya misi khusus untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. “Tahun ini kami akan berjuang dengan baik untuk dapat meraih kemenangan dan ingin membanggakan nama Indonesia,” ucap Galang.

Yuk dukung terus pembalap Yamaha Racing Indonesia “Untuk Merah Putih Semakin Di Depan”.