Brilio.net - Ganda Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon memenangi gelar Malaysia Open setelah di final mengalahkan ganda China Fu Haifeng/Zheng Siwei, 21-14, 14-21, 21-12.

Sukses ini menjadi ketiga secara beruntun yang dibukukan ganda terbaik Indonesia setelah merebut All England dan India Open. Perjuangan Kevin/Marcus di ajang ini terbilang berat.

Sebelumnya, di perempat final mereka juga bermain tiga set melawan ganda China lainnya Li Junhui/Liu Yuchen, 7-21, 21-17, 21-17. Kunci kemenangan Kevin/Marcus adalah kecerdikan bermain. Saat fisik terkuras mereka mampu memanfaatkan situasi yang kurang menguntungkan dengan bermain cerdik.

Sukses di Malaysia Open sekaligus mengukuhkan tradisi juara sektor ganda putra pada ajang ini. pada 2013 dan 2015 Indonesia juga juara melalui pasangan Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan. Pada 2009 Markis Kido/Hendra Setiawan juga menjadi kampiun.

Jauh sebelumnya pada 2005, Indonesia juga juara melalui pasangan legendaris Sigit Budiarto/Candra Wijaya.

Sementara itu juara tunggal putra diraih pebulu tangkis China Lin Dan setelah mengalahkan jagoan tuan rumah Lee Chong Wei. Sektor tunggal putri dikuasai oleh pemain China Taipei Tai Tzu-ying. Pada ganda putri dimenangi pasangan Yuki Fukushima/ Sayaka Hirota (Jepang). Sedang sektor ganda campuran diraih Zheng Siwei/Chen Qingchen (China)