Brilio.net - Marathon saat ini bukan lagi sekadar olahraga. Tapi sudah menjadi gaya hidup. Tak heran jika banyak orang memburu event ini. Hal ini juga yang terlihat dari penyelenggaraan BNI Universitas Indonesia (UI) Half Marathon 2019 yang bakal digelar Minggu, 7 Juli 2019.

Antusiasme pelari begitu besar. Terbukti, event half marathon yang untuk ketiga kalinya digelar Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bersama dengan BNI Life ini diikuti 4.800 peserta dengan kategori 5K, 10K, dan 21K (half-marathon). Hebatnya lagi, pendaftaran peserta sold out hanya dalam waktu 10 hari setelah dibuka. Para peserta juga sangat antusias saat pengambilan racepack pada 3-4 Juli 2019 dari pukul 12.00 hingga 20.30 WIB.

UI Marathon © 2019 brilio.net

Jumlah peserta mengalami peningkatan dibanding dua penyelenggaraan sebelumnya. Pada penyelenggaraan perdana yang digelar 2017 lalu, jumlah peserta mencapai 3.000 orang. Tahun lalu meningkat menjadi 3.500 orang.

Bisa dimaklumi mengapa event ini mampu menyedot perhatian publik. Sebab, penyelenggaraannya dilaksanakan di Kampus UI Depok yang terkenal asri. Ketua Pelaksana BNI UI Half Marathon 2019, Wisaksono Soegandhi mengungkap pihaknya akan membuat lomba lari ini lebih seru dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Loading...

Secara teknis, panitia akan melakukan penutupan area dari masuknya kendaraan bermotor dan aktivitas mulai dari pukul 04.00 WIB. Bahkan, pada pukul 03.00 WIB panitia sudah melakukan sweeping area dan pengurangan aktivitas. Panitia juga bekerja sama dengan internal fakultas teknik dan Blue Bird untuk menyediakan transportasi ramah lingkungan.  

UI Marathon © 2019 brilio.net

“Tahun ini bukan hanya sekadar branding yang diperkuat UI melalui pelaksanaan kompetisi lari ini, di mana UI adalah the most greenest dan sterile race area in town. Akan tetapi, UI ingin membuktikan konsistensi menyajikan kompetisi lari terbaik dalam tiga tahun terakhir,” ungkap Wisaksono saat jumpa pers di Atrium Mall FX Sudirman, Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Sementara Direktur Pengembangan Karier dan Hubungan Alumni Universitas Indonesia Erwin Nurdin yang mewakili pihak Rektorat UI mengatakan, pihaknya mendukung posisi UI sebagai kampus terhijau versi UI Green Metric.

“Acara ini diharapkan menjadi pembuktian bahwa UI memiliki track lari yang memadai dengan kandungan oksigen yang terbaik di Jabodetabek bahkan di Jawa Barat,” katanya.

UI Marathon © 2019 brilio.net

Event ini sekaligus juga sebagai perhelatan penutup bagi Ketua Umum Iluni UI, Arief Budhy Hardono yang akan mengakhiri kepengurusannya di ikatan alumni “jaket kuning” itu.    

“Tahun ini menjadi tahun terakhir saya menjadi Ketua Iluni. Saya berharap acara ini bisa terus berlanjut ke tahun–tahun berikutnya sehingga bisa menjadi salah satu agenda nasional dan bisa berkerja sama dengan Pemerintah Jawa Barat untuk melaksanakan full marathon,” tutur Arief.

Acara ini juga sekaligus penanda diawalinya kerja sama ILUNI dengan BNI Life melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengelolaan Program Asuransi, dengan premi mulai dari Rp15.000 yang dapat menikmati manfaat asuransi sebesar Rp3 juta yang pembayaran preminya dapat dilakukan secara langsung atau melalui aplikasi UI Connect.

UI Marathon © 2019 brilio.net

Nah yang cukup menarik, event tahun ini memberikan keuntungan lebih bagi para peserta. Berkerja sama dengan BNI Life, setiap peserta mendapat jaminan asuransi. Proteksi diberikan setelah penyelanggara bekerja sama dengan dua rumah sakit, yaitu RS UI dan RS Mitra Keluarga.

Perlindungan asuransi bagi peserta lari marathon ini berupa asuransi jiwa dan penggantian biaya rawat medis. Uang pertanggungan yang diberikan kepada masing masing peserta maksimal sebesar Rp10 juta.

Menurut Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati, pihaknya sudah tiga kali mendukung acara ini. Langkah ini merupakan salah satu bentuk keberpihakan korporasi terhadap dunia pendidikan, termasuk perkembangan dunia pendidikan di UI. Pada saat yang sama, BNI juga memberikan dukungan maksimal terhadap pengembangan olahraga lari yang digemari masyarakat dan menjadi tren kaum milenial.

UI Marathon © 2019 brilio.net

“BNI menjadikan event kali ini sebagai salah satu langkah rangkaian HUT Ke-73 BNI serta meningkatkan literasi dan inklusi lembaga keuangan di lingkungan penyelenggara pendidikan terdepan di Indonesia," ujarnya.

Kerja sama dengan BNI akan memberikan banyak keuntungan bagi para Alumni UI. Salah satunya, Alumni UI akan semakin mudah memiliki rekening BNI termasuk Rekening Digital di UI Connect yang dilengkapi dengan Debit Card Combo BNI Iluni UI. Sehingga, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan jumlah anggota di Kartu Debit ILUNI UI yang saat ini baru berjumlah 6.973 kartu dengan posisi saldo Rp114,7 miliar dan sales volume Rp4,8 miliar.

RECOMMENDED BY EDITOR