Brilio.net - Legenda bulu tangkis Indonesia, Markis Kido meninggal dunia pada Senin (15/6) malam. Kabar duka ini awalnya disampaikan oleh Yuni Kartika, dan kemudian salah seorang mantan pengurus PB PBSI juga mengonfirmasi lewat akun Instagram-nya.

"Breaking News, telah meninggal salah seorang pebulutangkis terbaik Tanah Air, Markis Kido. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan YME. Amin," tulisnya lewat akun Twitter @YuniKartika73.

Sebelum meninggal, pria 36 tahun ini memang memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini disampaikan oleh sang ibu, Zul Asteria.

"Saya kira tadi hanya stroke, karena dia kan punya darah tinggi terus mungkin jatuh dan pembuluh darahnya pecah. Saya berdoanya begitu, tapi ternyata Mas Kido diambil," kata Zul.

Loading...

Mengutip Antara, hipertensi juga sempat membuat Kido tidak bisa mengikuti Kejuaraan Dunia 2009. Saat itu tekanan darahnya tinggi sehingga oleh pelatih ganda putra Sigit Pamungkas disarankan tidak pergi mengikuti ajang itu.

Markis Kido adalah atlet bulu tangkis jebolan klub Jaya Raya, Jakarta. Pria yang lahir 11 Agustus 1984 itu merupakan pemain cabang ganda putra. Bersama pasangannya, Hendra Setiawan, Kido berhasil meraih sederet prestasi gemilang dari ajang internasional seperti Kejuaraan dunia dan Olimpiade.

Kakak dari mantan tunggal putri Pia Zebadiah Bernadeth itu juga pernah memperkuat tim Indonesia di ajang beregu, Piala Sudirman (2007, 2009) dan Thomas Cup (2006, 2008, 2010).

Markis Kido dan Hendra Setiawan juga adalah salah satu ganda putra yang cukup lama bertahan di urutan satu dunia cabang ganda putra. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (15/6), ini dia sederet prestasi Markis Kido kala dia masih menjadi atlet profesional.

1. SEA Games.

deretan prestasi markis kido berbagai sumber

foto: Instagram/@markis_kido11

2003 Vietnam

Emas Beregu Putra

2005 Manila

Emas Ganda Putra

2007 Nakhon Ratchasima

Emas Ganda Putra

2009 Vientiane

Emas Beregu Putra

2011 Jakarta–Palembang

Perak Beregu Putra

Perak Ganda Putra

2005 Manila

Perak Beregu Putra

2. Asian Games

deretan prestasi markis kido berbagai sumber

foto: Instagram/@markis_kido11

2010 Guangzhou

Perak Ganda Putra

2006 Doha

Perunggu Ganda PutraPerunggu Beregu Putra

2010 Guangzhou

Perunggu Beregu Putra

3. Olimpiade dan Kejuaraan Dunia

deretan prestasi markis kido berbagai sumber

foto: Instagram/@markis_kido11

Olimpiade

2008 Beijing, Tiongkok : Emas Ganda Putra

World Championship

Kuala Lumpur 2007: emas ganda putra

Paris 2010: Perunggu ganda putra

World Cup

2006 Yiyang : Emas ganda putra

RECOMMENDED BY EDITOR