Brilio.net - Maraton kini bukan lagi sekadar olahraga, tapi sudah menjad gaya hidup. Nggak jarang jika setiap event marathon digelar, selalu diserbu para pemburu sehat. Nah buat kamu yang suka dengan olahraga ketahanan fisik ini, PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) bakal menggelar lomba lari Maybank Marathon kesembilan di Bali pada 30 Agustus 2020 mendatang. Di ajang ini, kategori yang diperlombakan meliputi maraton (42,195 km), half-marathon (21,0975 km), 10K dan lomba lari anak (kid dash).

Oh iya, Maybank Marathon sekarang sudah naik kelas lho. Tahun ini Maybank Marathon berhasil meraih World Label Bronze Label Road Race dari World Athletics (sebelumnya International Association of Athletics Federations atau IAAF). Tak pelak, Maybank Marathon menjadi lomba lari maraton pertama di Indonesia yang berhasil meraih pencapaian tersebut.

Maybank Marathon © 2020 brilio.net

Bukan cuma itu, sejak 2013 Maybank Marathon juga menjadi lomba maraton pertama di Indonesia yang secara konsisten masuk dalam official race directory Boston Marathon. Maybank Marathon juga telah meraih berbagai penghargaan termasuk dalam satu dari 11 Remarkable races in the world that one must participate before you die by The Active, salah satu dari The 52 Best Races on Earth 2016 oleh Runnersworld, Best Marathon 2016, dan the Most Popular Sport Event 2018 oleh majalah the Venue. 

Sebagai informasi, status Bronze Label hanya dapat diraih setelah memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan dan diverifikasi World Athletics di antaranya meliputi jarak tempuh serta rute yang telah disertifikasi official course measurer dari Association of International Marathons and Distance Races (AIMS), road closure, sistem pencatatan waktu, kehadiran pelari elite internasional, medical, liputan media, standarisasi kenyamanan dan keselamatan pelari serta kepatuhan terhadap seluruh regulasi lomba yang ditetapkan World Athletics.

Maybank Marathon © 2020 brilio.net

“Pencapaian Bronze Label dari World Athletics bukan hanya menjadikan Maybank Marathon sebagai lomba lari yang telah memenuhi standar internasional tetapi juga mengangkat Indonesia di kancah lomba lari maraton internasional,” ujar Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (5/2/20).   

Selain pencapaian Bronze Label dari World Athletics, Maybank Marathon kini juga termasuk dalam lomba lari Abbott World Marathon Majors (WMM) Wanda Age Group World Rankings, di mana peserta pelari Marathon Maybank mendapat poin atau peringkat sesuai kriteria WMM.

Maybank Marathon © 2020 brilio.net

Selain berolahraga, sejak pertama kali diadakan Maybank Marathon juga selalu melibatkan penyelenggaraan program sosial kemasyarakatan secara berkesinambungan bagi masyarakat Bali, khususnya Gianyar dan Klungkung.  Serangkaian program pemberdayaan ekonomi dan dukungan pendidikan  akan kembali dilakukan Maybank Indonesia untuk masyarakat setempat.

Maybank Marathon juga telah menjadi salah satu wisata utama olahraga (main sport tourism). Lomba ini bukan hanya menjadi lomba bagi para peserta tetapi juga melibatkan keluarga untuk sekalian berlibur di Bali.  Event ini pun merupakan sebuah ajang atletik internasional dengan sentuhan budaya Bali beserta keindahan alam dan keramahan masyarakatnya. 

Maybank Marathon © 2020 brilio.net

Nah untuk membantu para peserta lomba mempersiapkan diri sebelum lomba, Maybank Indonesia kembali akan menyelenggarakan aktivitas Road to Maybank Marathon selama enam bulan ke depan. Bekerja sama dengan ahli kesehatan dan running coach, para calon peserta dapat mengikuti pelatihan dan edukasi sebagai langkah persiapan sebelum Race Day termasuk running clinic dan latihan bersama melalui Sunday Morning Long Run.

Dalam kesempatan ini juga akan diberikan edukasi tentang cut-off time (COT) lomba per kategori, di mana 10K memiliki COT 2 jam, half marathon memiliki COT 3,5 jam dan marathon memiliki COT 7 jam. 

Maybank Marathon © 2020 brilio.net

Registrasi peserta dibuka mulai 25 Februari 2020 pukul 12:00 WIB melalui laman ini. Ada penawaran khusus kepada nasabah melalui program bundling dan potongan harga kepada pemegang Maybank Credit Card. Untuk Public Slot dimulai dengan harga Early Bird dalam jumlah slot lari terbatas. Jangan sampai kehabisan ya.

Harga Public Slot

Marathon

Early Bird : Rp 720.000 (WNI) - Rp 1.200.000 (WNA)

Normal : Rp 900.000 (WNI) - Rp 1.500.000 (WNA)

Half Marathon

Early Bird : Rp 570.000 (WNI) - Rp 800.000 (WNA)

Normal : Rp 750.000 (WNI) - Rp 1.000.000 (WNA)

10K

Early Bird : Rp 420.000 (WNI) - Rp 640.000 (WNA)

Normal : Rp 600.000 (WNI) - Rp 800.000 (WNA)