Brilio.net - Hasil balapan MotoGP Mandalika 2022 kelas Moto3 dimenangkan oleh Dennis Foggia. Foggia berhasil mencatat waktu 38 menit 51,668 detik ketika menyentuh garis finish. Posisi kedua dan ketiga ditempati Izan Guevara dan Carlos Tatay.

Sangat disayangkan Mario Aji rider asal Indonesia tidak bisa masuk 10 besar di Moto3 ini. Mario yang menempati starting grid ketiga di Moto3 itu, memulai start yang kurang baik, sehingga membuatnya terus merosot jauh ke bawah.

Meski gagal menyusul Dennis Foggia, namun pembalap 18 tahun itu pada akhirnya berhasil menempati posisi ke-14. Ia pun meraih 2 poin pertamanya di kelas Moto3 di MotoGP seri kedua.

mario aji posisi 14 di moto3 © Instagram

foto: Instagram/@mariosuryoaj1

Dilansir dari Liputan6.com, Minggu (20/3), Mario sebelumya menempati posisi kedua pada Q1. Pembalap jebolan FIM CEV berhasil mengunci tempat ketiga pada Q2 dengan catatan waktu 1 menit, 41.567 detik. Sementara posisi pertama ditempati oleh Carlos Tatay (1m 41.232s) diikuti Diogo Moreira di posisi kedua (1m 41.315s).

mario aji posisi 14 di moto3 © Instagram

foto: Instagram/@mariosuryoaj1

Mario bukanlah pembalap baru, dia sudah akrab dengan lintasan balapan sejak berusia 5 tahun. Melansir dari situs MotoGP, Mario mengawali balapan motor dari dunia offroad yakni motocross. Pada usia ke-10, ia sudah tampil di Kejuaraan Nasional Motocross di Indonesia.

Demi meraih impiannya sebagai pembalap MotoGP, Mario pun pindah haluan dan menjadi salah satu pembalap ajang grand prix ini pada 2014 silam. Kemampuan Mario dilirik oleh Honda Racing School dan membuatnya tampil di ajang Thailand Talent Cup 2017.

mario aji posisi 14 di moto3 © Instagram

foto: Instagram/@mariosuryoaj1

Kariernya sebagai pembalap melesat, ia terus mengikuti turnamen seperti Asia Talent Cup Kejuaraan Road Race Asia dan Red Bull Rookies. Mario juga dipercaya untuk tampil di ajang FIM CEV 2019 kelas Moto3 World Junior Championship dan sukses masuk finis di 10 besar.