Brilio.net - Marc Marquez mengalami kecelakaan hebat saat sesi pemanasan MotoGP Mandalika 2022, Minggu (20/3). Seperti yang diketahui, ia terpental dari motor pada tikungan ketujuh. Kecelakaan tersebut menjadi kali keempat Marquez terjatuh sepanjang MotoGP Mandalika. Sebelumnya, ia mengalami kecelakaan saat sesi Free Practice dan dua kali jatuh saat kualifikasi pertama.

Usai kecelakaan, Marquez masih sanggup berjalan ke pinggir lintasan dan dibawa ke rumah sakit di Mataram, Lombok, untuk pemeriksaan medis lebih lanjut. Diagnosa awal tidak menunjukkan adanya luka serius. Namun, pihak Repsol Honda akhirnya memulangkan juara dunia enam kali tersebut ke Barcelona untuk menjalani pemeriksaan di sana.

Kembali menderita diplopia usai kecelakaan.

Dilansir dari Autosport, Marquez kini mengalami kerusakan saraf di mata dan menderita diplopia. Ia diketahui merasa tidak nyaman dengan penglihatannya selama perjalanan. Setibanya di Barcelona pada Senin (21/3), ia segera menemui dr. Sánchez Dalmau untuk pemeriksaan mata. Setelah melalui serangkaian tes, dokter menyatakan bahwa diplopia Marquez kambuh.

Sánchez Dalmau mengonfirmasi bahwa Marquez akan menjalani pemeriksaan untuk mengevaluasi cederanya pekan depan.

"Pekan depan, Marc Marquez akan menjalani pemeriksaan baru untuk mengetahui perkembangan cedera dan prediksi pemulihan sebelum kembali ke kompetisi," kata Sanchez lebih lanjut, dilansir dari Autosport, Selasa (22/3). Ia menjelaskan bahwa cidera ini tidak separah pada November tahun 2021 lalu.

Masalah diplopia yang diidap Marquez pernah membuatnya absen pada dua putaran terakhir MotoGP 2021 lalu. Saat itu, ia mengalami gegar otak karena kecelakaan saat latihan. Marquez pertama kali mengalami cedera mata ini setelah kecelakaan saat Moto2 di Malaysia.

Marquez beri kabar lewat Instagram.

Usai menjalani serangkaian tes pemeriksaan, Marc Marquez memberi kabar lewat Instagramnya. Ia mengatakan bahwa diplopia yang diidapnya kambuh, tapi tidak separah sebelumnya.

"Sepertinya saya mengalami déjà vu... Selama perjalanan kembali ke Spanyol, saya mulai merasa tidak nyaman dengan penglihatan saya, dan kami memutuskan untuk mengunjungi Dr. Sánchez Dalmau, yang memastikan bahwa saya mengalami episode baru diplopia. Untungnya, itu tidak separah cedera yang saya alami akhir tahun lalu. Tapi sekarang saatnya untuk beristirahat dan menunggu untuk melihat bagaimana cederanya berkembang. Seperti biasa, terima kasih banyak untuk semua orang atas dukungan Anda!!" tulisnya di Instagramnya, @marcmarquez93.

Setelah kecelakaan tersebut, partisipasi Marquez dalam gelaran MotoGP di Argentina pun dipertanyakan. Marquez akan istirahat sementara waktu ini untuk mengetahui perkembangan dan pemulihan.