Brilio.net - Tim nasional Prancis akan menghadapi Kroasia dalam laga penentuan juara Piala Dunia 2018 di Rusia. Bertempat di stadion Luzhniki, Rusia, laga ini merupakan laga keenam yang mempertemukan Prancis dan Kroasia. Prancis sendiri memenangkan tiga dari laga tersebut, tepatnya pada 1998, 1999, dan 2000, sedangkan dua laga yang lainnya berakhir imbang.

Di balik hiruk pikuk Piala Dunia 2018, ternyata ada sosok dari pemain tim Prancis yang pernah jadi sejarah. Pria tersebut bernama Lucien Laurent. Pria asal Prancis ini adalah pemain yang pertama kali mencetak gol di gelaran Piala Dunia pada tahun 1930.

lucien laurent pemain prancis © 2018 brilio.net

foto: firstpost.com

Dilansir brilio.net dari Firstpost, Sabtu (14/7), saat itu tim Prancis menang melawan Meksiko dengan skor 4-1. Lucien sendiri berhasil mencetak gol pertama pada menit ke-19.

Loading...

Sayangnya, tim Prancis harus takluk dalam babak penyisihan grup karena kalah melawan Argentina dan Chili. Lucien mengalami cidera yang mengakibatkan dirinya tidak bisa kembali membela tim nasional kebanggaannya.

lucien laurent pemain prancis © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@fifaworldcup

Perjuangan Lucien demi negara tak berakhir di sini. Pria ini mendaftarkan diri sebagai tentara untuk melawan Jerman dalam Perang Dunia II. Sayangnya, Lucien tertangkap musuh dan harus menghabiskan 3 tahun di penjara.

lucien laurent pemain prancis © 2018 brilio.net

foto: YouTube/@InitiativClaudeGohin

Lucien pun bebas pada 1943. Setelah itu Lucient masih bermain sepak bola untuk beberapa tahun. Dia akhirnya pensiun pada tahun 1946.

Lucien menjadi satu-satunya pemain Prancis pada Piala Dunia 1930 yang menyaksikan kemenangan negaranya pada Piala Dunia 1998. Sang legenda tutup usia di kampung halamannya pada 22 April 2005 saat usianya 97 tahun.

RECOMMENDED BY EDITOR