Brilio.net - Publik sepak bola berduka, legenda Brasil Pele meninggal dunia pada Jumat (30/12) dini hari. Pele meninggal di rumah sakit Albert Einstein, Sao Paulo. Legenda sepak bola Brasil ini meninggal di usia 82 tahun. Kabar duka meninggalnya sang legenda dikonfirmasi oleh keluarga melalui akun Twitter Pele.

"Inspiration and love marked the journey of King Pelé, who peacefully passed away today. Love, love and love, forever. (Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pele yang meninggal dalam damai hari ini. Cinta, cinta, dan cinta selamanya)," tulis keluarga dalam akun resmi Pele.

Sebelum tutup usia, Pele mengalami sejumlah masalah kesehatan sejak beberapa tahun terakhir. Di usianya yang tak lagi muda, Pele sempat tampil di Piala Dunia 2018 di atas kursi roda. Tapi usai itu ia harus dilarikan ke rumah sakit karena kelelahan.

Pele meninggal dunia © berbagai sumber

foto: Twitter/@pele

Pele juga sempat menerima perawatan dari dokter terkait masalah tumor di usus besarnya. Pada September 2021 silam, dirinya menjalani operasi pengangkatan tumor di usus besarnya. Ia kembali dilarikan ke rumah sakit jelang berakhirnya tahun 2022.