Brilio.net - Timnas Indonesia mencoba alternatif formasi permainan menjelang final Piala AFF 2016 leg pertama lawan Thailand, Rabu (14/12). Salah satu formasi yang dicoba adalah dengan menggunakan tiga bek tengah.

Pada latihan di Lapangan SPH Karawaci, Tangerang, Banten, Minggu (11/12), pelatih Alfred Riedl mencoba menurunkan Manahati Lestusen, Fachruddin Arianto dan Hansamu Yama Pranata pada posisi bek tengah.

Kondisi ini berbeda dengan pertandingan sebelumnya yang mengandalkan empat bek. Baik pada semifinal leg pertama maupun leg kedua, Indonesia menggunakan formasi empat bek.

Pada latihan yang dipimpin oleh asisten pelatih Wolfgang Pikal ini, dua bek sayap yaitu Abduh Lestaluhu dan Benny Wahyudi sedikit ditarik ke atas sejajar dengan pemain jangkar Bayu Pradana dan Stefano Lilipaly. Posisi Bayu sebagai gelandang bertahan sementara Lilipaly sebagai gelandang serang.

Di depan empat pemain tengah ini ada dua pemain yang dikenal dengan memiliki kecepatan dan bermain apik selama pertandingan kualifikasi hingga semifinal yaitu Rizky Pora dan Andik Vermansah pada posisi sayap. Sedangkan lini depan tetap mengandalkan Boaz Solossa sebagai target man.

Dalam latihan ini, pemain inti yang formasinya sama saat menghadapi Vietnam harus berhadapan dengan pemain lain yang selama ini duduk di bangku cadangan. Latihan ini juga sudah memperagakan pertandingan sesungguhnya melawan Thailand.

Meski mencoba dengan tiga bek, saat diserang Beny Wahyudi yang berada di sisi kanan dan Abduh Lestaluhu yang berada di sisi kiri langsung turun dengan cepat untuk membantu pertahanan.

"Saat ini kami terus berusaha mencari pemain inti dan formasi yang tepat untuk menghadapi Thailand," kata pelatih Alfred Riedl.

Pada latihan yang sudah masuk program ini, pelatih Alfred Riedl juga memberikan materi khusus kepada pemain yang selama ini menjadi sorotan lawan yaitu Boaz Solossa dan Stefano Lilipaly. Beberapa kali dua pemain ini mendapatkan pengarahan langsung dari pelatih asal Austria itu.

Selain mencari pemain inti dan formasi yang tepat ini, Riedl juga memberikan porsi latihan tendangan langsung ke gawang dari luar kotak pinalti. Semua pemain pada latihan ini diberikan porsi yang sama termasuk yang selama ini berada di bangku cadangan.

"Yang dihadapi saat ini adalah pertandingan final. Jadi kami harus mempersiapkan diri dengan baik. Apalagi kita menjadi tuan rumah. Kami akan memaksimalkan semua pemain yang ada," kata Riedl.

Pertandingan final pertama Piala AFF 2016 digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor dan pertandingan final kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12).

Berikut alternatif formasi timnas:

1. Formasi saat semifinal leg pertama.

Formasi timnas © 2016 brilio.net

 

2. Formasi saat semifinal leg kedua.

Formasi timnas © 2016 brilio.net

 

3. Alternatif formasi untuk final leg pertama.

Formasi timnas © 2016 brilio.net