Kiper legendaris timnas yang juga bekas pengawal presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno, Maulwi Saelan meninggal dunia di usia 90 tahun. Maulwi menghembuskan napas terakhirnya di RS Pertamina Jakarta, Senin (10/10) malam.
 
Menurut pihak keluarga, Maulwi sudah sekitar dua minggu masuk ruang ICU karena kondisi kesehatannya yang terus memburuk sejak Idul Adha lalu.
 
"Bapak sempat dirawat di RS Pondok Indah selama tiga minggu, baru seminggu pulang kesehatan beliau menurun lagi dan akhirnya masuk ICU," ungkap Asha Saelan kepada awak media.

Maulwi © 2016 brilio.net

Maulwi Saelan merupakan mantan ketua umum PSSI tahun 1964 hingga 1967. Ia adalah putra Amin Saelan, tokoh nasional dari Makassar, Sulawesi Selatan. Selain dikenal sebagai pemain sepak bola nasional, dirinya juga salah satu pejuang kemerdekaan dan pernah menjadi salah satu ajudan pribadi Bung Karno.
 
Salah satu penampilan Maulwi untuk timnas yang patut dibanggakan adalah saat dirinya berhasil mempertahankan gawangnya dari serangan pemain Uni Soviet yang saat itu merupakan tim kuat Eropa dan dunia di pertandingan Olimpiade Melbourne 1956. Pertadingan itu sendiri berkesudahan imbang 0-0.
 
Selamat jalan, legenda.