Brilio.net - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berhasil melaju ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020. Ginting menyingkirkan wakil Denmark, Anders Antonsen pada Sabtu (31/7) siang ini.

Berlaga di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Ginting menang dua set atas Antonsen melalui rubber game. Dengan kemenangan ini, Ginting menjadi satu-satunya atlet nomor tunggal putra Indonesia yang lolos ke semifinal Olimpiade Tokyo untuk cabang olahraga badminton.

Adapun jalannya pertandingan itu sendiri berlangsung cukup ketat. Pada gim pertama, Ginting berhasil memimpin dengan skor 11-8 dan mempertahankan dominasinya hingga akhir babak.

Sementara itu, pada gim kedua giliran Antonsen yang unggul dalam permainan. Ia memimpin dengan skor 11-5 dan menyudahi pertandingan dengan skor 21-15.

Lalu, pada babak terakhir, meski Ginting berusaha tak membiarkan poin berselisih jauh, sayangnya ia kalah unggul dengan Antonsen pada setengah babak awal. Wakil Denmark itu berhasil mempertahankan dominasinya hingga interval pertama.

Untungnya, Ginting berhasil mengimbangi keadaan setelahnya, skor menjadi 14-14. Ginting lalu unggul dengan perolehan 19-16 dan menuntaskan gim dengan skor 21-18.

Raihan prestasi ini tentunya sangat membanggakan, tidak hanya bagi Ginting namun juga masyarakat Indonesia secara umum. Lebih-lebih jika mengingat bahwa Antonsen duduk di rangking tiga dunia, sedangkan Anthony Ginting menempati posisi lima dunia.

Lebih jauh, Indonesia sendiri sudah lama tidak melihat ada pemain tunggal putra yang meraih emas di ajang Olimpiade. Kali terakhir prestasi tersebut berhasil diraih oleh Taufik Hidayat pada Olimpiade Athena 2004. Dengan demikian, harapan publik untuk melihat Anthony Ginting masuk final dan mendapat emas pun sangat besar.