Brilio.net - Perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 segera digelar terhitung 30 hari sejak hari ini, Rabu (18/7). Kirab obor (torch relay) Asian Games pun akan dimulai melewati 54 kota dan kabupaten di 18 provinsi dari ujung barat hingga timur Indonesia. Kirab pertama dimulai di Yogyakarta, Kamis (19/7), dan berakhir di Jakarta pada 18 Agustus mendatang.

Hari ini setelah menginap semalam di Museum Dirgantara, Yogyakarta, obor Asian Games yang diterbangkan dari New Delhi, India tersebut disatukan dengan api abadi dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah di Candi Prambanan.

Menyambut gegap gempita Asian Games, Grab turut memeriahkan pesta olahraga yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus - 2 September 2018 ini. Melalui kampanye bertajuk #KemenanganItuDekat, Grab ingin mengundang seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk meraih dan merayakan kemenangan bersama dalam kobaran semangat Asian Games 2018.

"Ini seperti komitmen Grab adalah untuk memajukan Asia Tenggara, termasuk Indonesia juga khususnya," cetus Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia dalam jumpa pers Rabu (18/7) di Abhayagiri Restaurant, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Jelang Asian Games 2018, begini cara Grab kobarkan semangat kemenangan © 2018 brilio.net

Loading...

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia (foto: brilio.net/Agustin Wahyuningsih)

Ridzki melanjutkan bahwa Asian Games yang merupakan event besar harus didukung dengan teknologi canggih. Grab hadir sebagai official mobile platform partner Asian Games 2018 yang ingin menunjukkan bahwa Indonesia memang tempatnya untuk Asian Games.

Ada beberapa hal yang dilakukan Grab dalam menebarkan semangat kemenangan Asian Games 2018. Mediko Azwar, Marketing Director Grab Indonesia membeberkannya saat jumpa dengan awak media.

1. Merangkul para atlet veteran dalam kirab obor Asian Games 2018.

Jelang Asian Games 2018, begini cara Grab kobarkan semangat kemenangan © 2018 brilio.net

Petinggi Grab Indonesia, atlet veteran, Egy Maulana Vikri, dan Indra Sjafri dalam peresmian kampanye #KemenanganItuDekat (foto: brilio.net/Agustin Wahyuningsih)

Gelaran Asian Games 2018 melibatkan sejumlah pihak dalam kirab obor. Beberapa di antaranya adalah para atlet legenda yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Mereka antara lain Abdul Rojak, atlet taekwondo peraih medali perak Asian Games 1986 Seoul dan medali emas di SEA Games 1987 Jakarta; Alexander Pulalo, pemain Timnas sepak bola di Piala Tiger 1998 yang diselenggarakan di Vietnam sekaligus anggota Primavera (program PSSI mengirimkan para pemain muda Indonesia ke luar negeri) Italia; Ellyas Pical, atlet tinju juara dunia kelas International Boxing Federation (IBF) Bantam (junior class) 1985-1987; Nico Thomas, juara tinju dunia kelas terbang mini versi IBF 1989; Sutiyono, penyabet medali emas SEA Games 1979 olahraga balap sepeda; Pascal Wilmar, atlet voli penyabet emas di SEA Games 1993; dan Tati Sumirah, pebulutangkis yang dua kali merengkuh juara Piala Uber, yakni pada 1972 sebagai juara 2 dan 1975 sebagai juara pertama dan ini mencatatkan sejarah bagi Indonesia mendapat Piala Uber pertama kali.

Kehadiran para legenda ini diharapkan mampu menginspirasi atlet-atlet generasi muda untuk berkompetisi secara jujur dan menjunjung tinggi sportivitas. Selain itu diharapkan pula menyalurkan antusiasme dan membawa semangat kemenangan dalam setiap cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 untuk memperebutkan 462 medali emas.

2. Mengerahkan ratusan mitra pengemudi GrabBike dalam kirab obor Asian Games 2018.

Jelang Asian Games 2018, begini cara Grab kobarkan semangat kemenangan © 2018 brilio.net

Mediko Azwar, Marketing Director Grab Indonesia (foto: brilio.net/Agustin Wahyuningsih)

Grab juga mengajak 900 mitra pengemudi GrabBike turut menghadiri dan menyemarakkan parade kirab obor Asian Games 2018. Para mitra pengemudi GrabBike ini tersebar di 10 kota besar di Indonesia.

3. Mengadakan Grab Bintang Bola bareng Indra Sjafri, Evan Dimas, dan Egy Maulana Vikri.

Jelang Asian Games 2018, begini cara Grab kobarkan semangat kemenangan © 2018 brilio.net

Egy Maulana Vikri, pesepak bola 18 tahun yang telah mengharumkan nama Indonesia (foto: brilio.net/Agustin Wahyuningsih)

Semangat Grab ingin merangkul banyak elemen masyarakat dalam perhelatan Asian Games kali ini diwujudkan melalui program Grab Bintang Bola. Grab Bintang Bola merupakan kompetisi yang ditujukan bagi mitra pengemudi GrabBike di Indonesia yang berlangsung pada 16 – 24 Juli 2018.

Nantinya, sebanyak 30 mitra pengemudi GrabBike terpilih berkesempatan dilatih secara langsung oleh Indra Sjafri, pelatih sepak bola Indonesia ternama, di Jakarta. Mereka juga berkesempatan bermain langsung dengan pesepak bola muda yang moncer nama dan kariernya, Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri.

Dalam kesempatan jumpa pers ini, Indra Sjafri merasa kampanye Grab #KemenanganItuDekat sejalan dengan spirit tim sepak bola Tanah Air yang akan mengikuti kualifikasi Piala Dunia U-20 2019 di Polandia.

"Kami berdua (Indra dan Egy) juga lagi mengejar kemenangan. Akan ada kualifikasi Piala Dunia lewat Piala Asia di Jakarta, GBK. Main pertama dengan China Taipei, Uni Emirat Arab, Qatar. Dan satu kali lagi kalau menang setelah tiga kali menang di grup, untuk pertama kali kemenangan itu dekat terlaksana," tutur pria kelahiran Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, 55 tahun silam tersebut.

4. Memanjakan pelanggan selama perhelatan Asian Games 2018 berlangsung.

Jelang Asian Games 2018, begini cara Grab kobarkan semangat kemenangan © 2018 brilio.net

Proses para atlet veteran menandatangani foto-foto yang akan dilelang (foto: brilio.net/Agustin Wahyuningsih)

Grab sebagai official mobile platform partner juga mengoptimalkan layanan transportasi bagi pelanggan. Grab menyediakan titik lokasi pick-up dan drop-off penumpang, serta mini booth di masing-masing lokasi penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang, memberikan kode promo khusus yang dapat digunakan para penumpang dari dan menuju lokasi Asian Games, membagikan 150 tiket gratis Asian Games 2018 setiap harinya kepada para pemenang kompetisi media sosial yang beruntung, membagikan merchandise eksklusif Asian Games 2018 secara gratis kepada pemenang kompetisi media sosial yang beruntung serta penumpang dengan jumlah perjalanan terbanyak, bahkan sampai menyesuaikan algoritma khusus untuk layanan GrabCar guna mendukung fungsi penyaringan dan pencocokkan plat ganjil-genap di Jakarta secara real-time dari kendaraan milik mitra pengemudi.

Bukan hanya layanan transportasi, Grab juga menyediakan informasi-informasi terbaru berkaitan dengan Asian Games 2018 melalui fitur GrabDaily di aplikasi Grab. Mulai dari jadwal tim, cerita Grab Bintang Bola, para atlet veteran, parade kirab obor, hingga informasi selama dan setelah pertandingan Asian Games 2018 berlangsung.

Selain keempat hal di atas, masih banyak lagi cara yang dilakukan Grab dalam memeriahkan perhelatan empat tahunan ini sekaligus memanjakan para pengguna selama Asian Games 2018. Pengguna bisa selalu mendapatkan updatenya melalui aplikasi Grab. 

RECOMMENDED BY EDITOR