Brilio.net - Inggris berpotensi menjadi negara pertama di Eropa yang mengirimkan empat finalis sekaligus di kompetisi sepak bola antar klub Eropa, baik Liga Champions maupun Liga Eropa.

Pada Liga Champions 2018/2019, dua klub asal Inggris, Liverpool dan Tottenham Hotspur dipastikan akan berjumpa di babak final. Liverpool meraih tiket final setelah secara dramatis menyingkirkan Barcelona dengan agregat skor 4-3. Sehari berselang, Tottenham Hotspur menyusul Liverpool ke babak finalsetelah unggul gol tandang atas Ajax di semifinal.

Rekor Inggris menjadi negara pertama yang mengirimkan empat finalis di dua kompetisi antar klub Eropa akan terpecahkan apabila dua klub Inggris lainnya yang kini bermain di Liga Eropa, yakni Arsenal dan Chelsea dapat lolos dari babak semifinal.

Chelsea akan menjamu klub Jerman, Entracht Frankfurt pada Jumat (10/5) dini hari WIB di leg kedua semifinal Liga Eropa. The Blues hanya butuh hasil imbang 0-0 untuk memastikan diri ke babak final. Sebab, pada leg pertama, Chelsea menahan imbang Frankfurt dengan skor 1-1.

Sementara itu, pada waktu yang bersamaan, Arsenal akan melawat ke kandang klub Spanyol, Valencia di pertandingan semifinal Liga Eropa lainnya. Arsenal tengah berada di atas angin sebab memenangi leg pertama dengan skor 3-1 atas Valencia.

Loading...

Rekor negara yang mengirimkan empat klub ke dua kompetisi tertinggi klub Eropa sebelumnya belum pernah terjadi. Rekor terbesar hanyalah satu negara yang mengirimkan tiga klubnya di final kompetisi Eropa, yakni sebanyak tiga edisi.

Pertama terjadi pada tahun 1980. Saat itu, tiga klub asal Jerman berhasil melaju ke babak final dua kompetisi Eropa. Klub Entracht Frankfrut saling berhadapan dengan Borussia Monchengladbach di final Piala UEFA. Sementara itu, satu klub Jerman lainnya Hamburg melawan klub asal Inggris, Nottingham Forest di final Piala Eropa

Kedua, pada tahun 1990, tiga klub Italia menembus babak final kompetisi Eropa di mana Juventus berhadapan dengan Fiorentina di final Piala UEFA serta AC Milan yang mencapai final Liga Champions.

Delapan tahun kemudian, tepatnya di tahun 1998, Juventus berhasil mencapai final Liga Champions dengan dua klub Italia lainnya yang saling berhadapan di Piala UEFA, yakni Inter Milan dan Lazio.

RECOMMENDED BY EDITOR