Brilio.net - Hiruk pikuk perhelatan pesta olahraga Asian Games 2018 sudah semakin terasa. Banyak pihak yang juga ikut mendukung penyelenggaraan acara ini, salah satunya adalah brand lokal, The Executive yang membuat koleksi terbarunya untuk para atlet Indonesia.

Koleksi terbaru bernama Uniform Defile akan digunakan para atlet Tim Indonesia pada pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Seragam tersebut berupa blazer, t-shirt, dan celana panjang dengan sentuhan warna merah putih.

Pemilihan warna merah dan putih sendiri terinspirasi dari bendera Indonesia Warna merah melambangkan keberanian dan kobar semangat. Sementara warna putih melambangkan pondasi kesucian dan kebersihan.

The Executive © 2018 brilio.net

"Kedua warna tersebut saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa dan raga manusia untuk membangun Indonesia. Pada bagian celana yang berwarna putih diberikan aksen dua garis merah pada sisi kiri dan kanan, yang terinspirasi dari warna bendera Indonesia," ujar Rita Zulkaidarati dalam konfrensi pers di Jakarta, Kamis (26/7).

Palet warna merah dan putih turut mengurai kesan elegan. Gaya smart casual yang chic pun tercipta melalui potongan slim fit. Garis siluet yang tegas dan tanpa aplikasi ornamen yang berlebihan memperkuat persona androgini yang penuh daya tarik. Aksentuasi dipusatkan pada sematan kancing, permainan garis, dan komposisi saku yang esensial.

The Executive © 2018 brilio.net

Untuk seragam atlet pria, dilengkapi aksesori berupa pocket square. Sedangkan seragam atlet wanita, dilengkapi scarf atau hijab. Aksesori tersebut menggunakan motif batik parang menyerupai huruf S yang artistik, merupakan simbol dari jalinan/saling menjalin/menjadikan satu kesinambungan. Bentuk huruf S juga simbol dari riak ombak lautan yang tak pernah berhenti bergelombang.

Sehingga motif parang disimpulkan sebagai semangat yang tak akan pernah padam dan disimbolkan pula sebagai semangat untuk pantang menyerah. "Kita menggunakan bahan catton Rayon yang lembut dan menyerap keringat. Kita sesuaikan dengan para atlet jadi kita buat senyaman mungkin," jelasnya.

Khusus pocket square, motif Parang dipadukan dengan motif Nitik yang merupakan kombinasi dari corak bunga. Motif Nitik yang geometris kerap dipakai pada acara atau seremoni

Kerjasama yang terjalin ini merupakan bentuk dukungan penuh untuk para atlet nasional yang akan berjiang dalam kompetisi olahraga bergengsi tingkat Asia ini untuk mengukir prestasi yang membanggakan.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir mengatakan saat ini olahraga sudah masuk ke dalam lifestyle. Selain itu juga, melalui acara ini, pihaknya bisa semakin mengembangkan brand lokal untuk bisa dikenal oleh Asia.

"Ini juga sebagai bentuk dukungan brand lokal terhadap Asian Games. Kerjasama ini kita harapkan bisa jadi ajang promosi. Kapan lagi olahraga bisa bersanding dengan brand lokal," tutupnya.