Brilio.net - Timnas bulu tangkis Indonesia akan mencoba mempertahankan trofi Piala Thomas dengan melawan India dalam pertandingan final di Impact Arena Bangkok, Thailand, Minggu (15/5) pukul 13.00 WIB. Indonesia menurunkan formasi pemain utama dalam upayanya mempertahankan gelar ini.

Mengutip Antara, formasi ini sama dengan susunan ketika Indonesia berhasil keluar dari babak perempat final melawan China serta turut mengantarkan timnas menuju partai puncak saat mengalahkan Jepang di babak semifinal hari Jumat.

Anthony Sinisuka Ginting sebagai tunggal pertama, akan menghadapi Lakshya Sen. Berdasarkan catatan BWF di laman resminya, pertemuan perdana kedua pemain yang terjadi di German Open bulan Maret tak berakhir baik bagi Indonesia.

Ganda putra pertama, akan memainkan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Kedua pasangan juga pernah bersua pada ajang penyisihan grup Kejuaraan Beregu Asia 2018.

Saat itu, Ahsan/Kevin kalah dalam rubber game. Meski begitu, penampilan pasangan Ahsan/Kevin saat melawa China dan Jepang sebelumnya menunjukkan tren positif dan tampil solid.

Pada partai tunggal kedua, Jonatan Christie yang jadi penentu Indonesia keluar dari perempat final saat melawan China, kali ini akan bertemu peringkat ke-11 Kidambi Srikanth. Dalam catatan BWF, dari sembilan pertemuan mereka, Jonatan sudah mengamankan lima kemenangan di antaranya. Termasuk dua kemenangan terakhir yang terjadi pada Swiss Open dan Korea Open tahun ini.

Lalu di partai ganda kedua, giliran Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertemu pasangan M.R. Arjun/Dhruv Kapila. Catatan pertemuan Fajar/Rian atas Arjun/Kapila juga sangat baik, dengan skor 3-0 yang didapat dari Denmark Open 2021, Swiss Open 2022, dan Kejuaraan Beregu Asia 2022.

Pada partai terakhir, Shesar Hiren Rhustavito akan menjadi penentu nasib Indonesia seandainya partai terakhir dimainkan. Namun lawan dari pebulu tangkis asal Sukoharjo, Jawa Tengah ini yaitu H.S. Prannoy punya catatan keunggulan 0-2.Meski begitu, kedua kemenangan Prannoy didapat dari turnamen yang sudah cukup lama yaitu India Grand Prix 2010 dan New Zealand Open 2017.

Berikut susunan pemain Indonesia vs India di babak final Piala Thomas 2022:

1. Tunggal putra

Anthony Sinisuka Ginting vs Lakshya Sen

2. Ganda putra

Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty

3. Tunggal putra

Jonatan Christie vs Kidambi Srikanth

4. Ganda putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs M.R. Arjun/Dhruv Kapila

5. Tunggal putra

Shesar Hiren Rhustavito vs H.S. Prannoy.

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lea)