Brilio.net - Timnas U-16 kembali mengulangi prestasi apiknya empat tahun silam dengan menjadi juara pada ajang Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8). Indonesia menjadi juara setelah menumbangkan Vietnam 1-0.

Satu-satunya gol Indonesia itu dicetak oleh gelandang Muhammad Kafiatur Rizky pada menit 45+2. Gol itu bermula dari Rizdjar Subagja yang menyisir sisi sayap kanan hingga mendekati kotak penalti. Rizdjar lantas mengirim umpan silang pada Kafiatur Rizky di kotak penalti. Pemain bernomor punggung 9 itu melepas tembakan yang gagal dibendung kiper Vietnam.

Pada babak pertama, kedua tim bermain cenderung hati-hati setidak-tidaknya pada 10 menit pertama. Namun, perlahan Indonesia mampu menemukan celah di pertahanan Vietnam dan membuka tendangan tepat ke gawang pada menit ke-13 melalui Figo Dennis.

Vietnam tak mau kalah dan melepaskan satu tembakan satu menit kemudian dari sundulan Le Dinh Long Vu yang mampu ditepis kiper Andrika Fathir Rachman. Setelah itu, kecepatan permainan semakin meningkat. Baik Indonesia maupun Vietnam sama-sama dominan menyerang dari sisi sayap, tetapi tak bisa mencetak gol lantaran disiplinnya lini belakang masing-masing.

Garuda Asia sempat mendapatkan peluang pada menit ke-29 melalui tendangan bebas Muhammad Riski Afrisal yang mampu ditangkap penjaga gawang Vietnam Pham Dinh Hai. Saat laga sepertinya akan seri tanpa gol, Muhammad Kafiatur melepaskan tendangan di dalam kotak penalti yang menjebol gawang Vietnam pada menit ke-45+2. Indonesia pun menutup babak pertama itu dengan keunggulan 1-0.

Pertandingan babak kedua semakin berjalan alot bagi kedua tim. Baik Vietnam maupun Timnas Indonesia U-16 sama-sama berusaha menyerang. Namun, rapatnya pertahanan tak banyak membuahkan ancaman. Bola lebih banyak berkutat di lini tengah.

Wasit pun meniup peluit panjang dengan skor 1-0. Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-16 berhasil merengkuh trofi kedua di Piala AFF U-16.

Seperti diketahui, pada 2018 lalu, Timnas Indonesia U-16 mencetak sejarah. Untuk pertama kalinya, Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 setelah di partai puncak yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, skuat Garuda Asia menang 4-3 atas Thailand via adu penalti.

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lea)