Brilio.net - Kemenangan Lalu Muhammad Zohri yang menjadi juara dunia lari 100 meter Kejuaraan Atletik U-20 di Tampere, Finlanda, Rabu (11/7) lalu benar-benar mengharumkan nama bangsa. Ya, pria asal Lombok, Nusat Tenggara Barat (NTB) ini mampu melewati garis finis dengan waktu hanya 10,18 detik saja.

Ia bahkan mengalahkan dua pelari ternama asal Amerika Serikat, Anthony Schwart dan Eric Harrison yang tercatat waktu 10,22 detik.

Ini merupakan sejarah baru bagi Indonesia. Padahal sejak 1986 lalu Indonesia sudah 10 kali mengirimkan atlet untuk mengikuti kejuaraan dunia U-20 dalam berbagai cabang, tapi belum pernah meriah medali.

Keberhasilan yang diraih pria 18 tahun ini membuat Zohri mendapatkan ribuan ucapan selamat. Tak hanya itu, sebagai apresiasi Zohri juga kebanjiran hadiah, salah satunya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono untuk dapat memperbaiki rumah Zohri yang berada di Dusun Karang Pangsong, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Selain rumah, jaminan pendidikan dan masa depan terus berdatangan. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (14/7), berikut hadiah yang ditawarkan kepada Zohri, atlet Indonesia yang berhasil meraih medali emas di kancah dunia.

Loading...

1. Menjadi prajurit TNI AD.

hadiah zohri © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@iaaforg

Dikutip brilio.net dari Antara, Komandan Korem 162/Wira Bhkati, Kolonel Czi Ahmad Ramadhani menjelaskan, TNI AD memberikan peluang dan prioritas kepada Zohri setelah lulus SMA melalui jalur sebagai bintara TNI AD.

2. Renovasi rumah.

hadiah zohri © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Prestasi yang ditorehkan Zohri sangat membanggakan nama Indonesia. Untuk itu, Presiden Jokowi menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono untuk dapat memperbaiki rumah yang ditempati Zohri.

Selain Presiden Jokowi, Bupati Lombok Utara, H Najmul Ahyar akan memperbaiki rumah Zohri. Sementara itu, pihak TNI AD justru sudah melakukan perehaban agar tempat tinggal Zohri menjadi rumah layak huni.

Pengacara kondang Hotman Paris juga ikut di barisan pihak yang mensupport Zohri. Dia menjanjikan uang sebesar Rp 100 juta kepada Zohri untuk merenovasi rumah. Sementara itu, Menpora, Imam Nahrawi juga berencana menggunakan uang pribadi untuk membantu renovasi rumah peninggalan kedua orangtua Zohri.

3. Mendapat rumah baru.

hadiah zohri © 2018 brilio.net

foto: Facebook/Surya Prabowo

Sebagai apresiasi, Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) akan memberikan hadiah kepada Zohri berupa rumah baru.

Senada dengan REI, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menghadiahkan satu unit rumah di kompleks Bangsal Regency, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Letak rumah tersebut tak jauh dari tempat tinggal keluarga Zohri sekarang ini.

4. Umrah.

hadiah zohri © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@iaaforg

Ustaz Adi Hidayat (UAH) bangga dan bersyukur dengan prestasi yang diraih Zohri. Untuk itu UAH ingin memberangkatkan Zohri bersama keluarganya beribadah umrah. Semuanya pun difasilitasi pihak sang ustaz.

5. Bonus beasiswa.

hadiah zohri © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Tak hanya renovasi rumah, Menpora juga akan menyiapkan bonus beasiswa untuk masa depan Zohri.

6. Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

hadiah zohri © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Selain merenovasi rumah, Bupati Lombok Utara, Najmul sebenarnya berkeinginan merekrut Zohri sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Namun menurut Najmul seperti dilansir brilio.net dari Antara, sementara keinginan tersebut masih terkendala.

"Seandainya pemerintah daerah berhak mengangkat menjadi CPNS, saya bisa pastikan merekrut Lalu Muhammad Zohri. Tetapi bukan daerah yang punya wewenang," ungkap Najmul.

RECOMMENDED BY EDITOR