Brilio.net - Apa jadinya jika sebuah pertandingan sepak bola tanpa kehadiran supporter, tentunya hambar bukan? Bahkan para pemain pun bisa kehilangan semangat. Akhirnya, pertandingan tidak menarik.

Di tribun para suporter memberikan dukungan dalam berbagai bentuk yang bisa memompa semangat pemain. Dukungan bisa dilakukan dalam bentuk teriakan, atau penggunaan pakaian khas klub atau tim nasional, serta nyanyian dan sebagainya. Dandanan para suporterpun kadang mempunyai daya tarik tersendiri selain pertandingan yang sedang berlangsung.

Dan di ajang Piala AFF yang sedang berlangsung saat ini pun, suporter Indonesia tidak mau ketinggalan untuk memberikan dukungan. Cara mereka pun kreatif dan tidak memerlukan biaya mahal.

Berikut beberapa cara sederhana namun kreatif yang dilakukan supporter saat mendukung tim nasional Indonesia bertanding, Jumat (2/12).

1. Wajah warna bendera.

dukungan timnas Istimewa

foto: Twitter @Yudi_Parker

Cara ini lumrah dilakukan para seporter, dan sangat efektif untuk mengangkat moral pemain yang bertanding di lapangan. Cukup bermodal pewarna yang ramah untuk kulit, para suporter menjadi pemain ke-12 yang ada di stadion. Kehadiran mereka sangat membantu semangat pemain dan bahkan bisa menentukan kemenangan.

2. Membentang syal timnas.

dukungan timnas Istimewa

foto: Bola.net

Atribut tim, selain kaos, yang selalu dibawa suporteradalah syal. Warna syal biasanya sesuai dengan warna kebesaran tim. Untuk Timnas Indonesia, warnanya adalah merah dengan tulisan putih. Jika satu stadion membentangkan syal yang sama dalam satu waktu, maka akan terlihat sangat indah. Para pemain pun bertambah semangat, karena melihat pendukung mereka menginginkan kemenangan.

3. Bernyanyi.

dukungan timnas Istimewa

foto: juliussumant.wordpress.com

Dalam sebuah pertandingan sering terlihat ada beberapa suporteryang memimpin rekannya bernyanyi sepanjang waktu pertandingan. Mereka rela membelakangi lapangan dan tidak melihat pertandingan karena ingin para suporter lain memberikan nyanyian yang sama untuk tim kesayangan mereka.

4. Menggunakan warna yang seragam.

dukungan timnas Istimewa

foto: Bola.net

Sudah menjadi rahasia umum jika antar pendukung klub di Indonesia sering bentrok. Maka pertandingan timnas bisa dipergunakan untuk mempersatukannya. Para superter harus mepunyai atribut dengan warna sama, baik kaos, syal, topi, bendera, dan lainnya. Kebersamaan ini menjadi sangat indah dan membuat pemain pun bersatu padu memberi kemenangan.

5. Menghias kepala dengan bendera.

dukungan timnas Istimewa

foto: copasmediainfo.blogspot.co.id

Suporter kreatif tidak akan pernah kehabisan akal untuk memberikan dukungan kepada tim kesayangannya. Di antara cara yang dilakukan adalah menghias kepada mereka dengan bendera-bendera kecil di atas kepala. Penampilan lucu ini selain bisa memberi semangat kepada pemain yang bertanding, juga bisa membuat penonton lain tersenyum. Lucu bukan ?

6. Buat Tagar di medsos.

dukungan timnas Istimewa

Dukungan bisa diberikan di dalam maupun di luar stadion. Dukungan di luar stadion juga bisa membuat semarak pertandingan. Salah satunya adalah dengan menciptakan tagar di media sosial yang membuat banyak orang tertarik mendukung timnas. Cara ini efektif jika dilakukan sebelum pertandingan. Ramainya medsos dengan ungkapan dukungan akan membuat gairah penonton untuk datang ke stadion semakin besar.

7. Warna-warni tubuh.

dukungan timnas Istimewa

foto: copasmediainfo.blogspot.co.id

Dalam setiap pertandingan selalu ada saja suporter yang berpenampilan unik yang antimainstream. Di antaranya ditunjukkan dengan menghias tubuh mereka dengan warna khas tim kesayangan dan juga wajah lucu.

Bagaimana pun dukungan yang kami berikan kepada timnas Indonesia, pastikan sebelum berangkat ke stadion mandi dulu. Agar baumu harum dan tidak merusak suasana dukungan suporter kepada tim. Saat mandi jangan lupa gunakan Gatsby Shower Gel Refresh Cool Sensation, setiap kamu mandi ya. #GantengKit dari GATSBY yang kamu gunakan membuat banyak orang merasa nyaman berada di dekatmu. Bahkan saat pulang dari stadion, kamu bisa dapat gebetan baru.