Brilio.net - Nurul Akmal, lifter putri pertama Indonesia yang tampil pada kelas berat (+87kg) Olimpiade Tokyo 2020 ini sempat menjadi sorotan usai pulang ke Tanah Air. Bukan soal prestasinya yang membanggakan, Nurul Akmal justru jadi korban body shaming atau perundungan fisik dari seseorang.

Kala itu, Nurul Akmal dan atlet lainnya yang baru sampai di Bandara Soekarno-Hatta mendapat sambutan meriah. Mereka satu per satu maju untuk mendapatkan ucapan selamat.

Namun, saat giliran nama Nurul Akmal disebut, seseorang meneriakinya dengan kalimat bernada body shaming. Sontak saja, aksi tersebut membuat warganet murka. Dukungan terus mengalir untuk wanita yang akrab disapa Amel ini.

Namun karena beritanya yang mulai besar, Nurul Akmal serta timnya pun memberikan klarifikasi, sebagaimana dilansir brilio.net dari Instagram @timindonesiaofficial pada Senin (9/8).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tim Indonesia Official (@timindonesiaofficial)

Tim Indonesia yang memposting siaran langsung kepulangan para atlet usai berlaga di Olimpiade Tokyo menyadari adanya isu body shaming karena beberapa komentar dari warganet. Mereka juga mengaku sangat menyayangkan hal tersebut.

"Tim Indonesia sangat menyayangkan hal tersebut, karena ungkapan itu identik dengan body shaming atau ekspresi penghinaan terhadap bentuk tubuh orang lain. Apalagi, diungkapkan pada acara penyambutan Kontingen Tim Indonesia," demikian tertulis dalam captionnya.

Namun lewat Instagram tim Indonesia tersebut, Amel rupanya mengaku sudah memaafkan dan tidak mau membesar-besarkan masalah. Amel memiliki jiwa yang sangat lapang. Dia menganggap perkataan itu becandaan dan memaafkan perkataan oknum tersebut.

Dia meminta untuk tidak dibesar-besarkan lagi. Kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak meremehkan orang lain, dalam bentuk apa pun. Apalagi jika orang tersebut tak kenal dan tak tahu bagaimana perjuangan Amel.

Lebih lanjut, Amel mengungkap sedang ingin fokus dan menyiapkan diri untuk event nasional lainnya. "Jujur jika dibahas terus menerus seperti sekarang ini, Amel jadi tidak nyaman dan terganggu karena terlalu heboh. Amel ingin menjalani karantina dengan tenang dan ingin fokus menyiapkan diri untuk berlatih lebih giat dan tekun lagi, mengingat akan ada banyak kejuaraan dan multi event international yang juga akan Amel ikuti," pungkasnya.

klarifikasi Nurul Akmal usai mengalami body shaming © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nurulakmal_12

Postingan ini juga dibanjiri pujian untuk Amel. Ada yang merasa bangga dengan sikap Amel dan ada pula yang memberikan semangat agar Amel bisa kembali mengukir prestasi.

"Bertalenta, berprestasi, berhati mulia. Amel, kamu itu definisi cantik yang sesungguhnya. semangat utk Olimpiade Paris 2024 semoga bs membawa medali ya. Aamiin," komentar akun @fikaosman

"Kenapa mesti harus Body Shaming,, hargailah perjuangan beliau jgn hnya bisa ngejudge. Proud of you Sist," ujar akun @ekkadhomiri

"Tetap semangat Amel, kamu adalah kebanggan indonesia," imbuh akun @fenierlita89

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR