Brilio.net - Belakangan ini olahraga nggak cuma jadi kebutuhan jasmani saja, tapi sudah dianggap sebagai gaya hidup. Apalagi di kalangan anak muda seperti kamu, ya kan? Nah, salah satu jenis olahraga yang mulai digemari adalah olahraga ekstrem. Olahraga ini dianggap tak hanya menghasilkan keringat saja, tapi juga mampu menaikkan adrenalin dan nyali para pelakunya.

KLIK JUGA: 10 Meme olahraga sambil modus ini bikin kamu senyum-senyum sendiri

Kalau adrenalin sudah naik, biasanya sih bawaannya jadi bahagia gitu. Ya nggak? Nah, daripada kamu bingung mau mulai mencoba yang mana, berikut brilio.net sajikan dari berbagai sumber, Jumat (1/7), 7 olahraga ekstrem yang bisa kamu coba sebelum tambah tua.

1. Diving.

olahraga ekstrem ini wajib kamu coba sebelum tua © 2016 brilio.netfoto: blog.lakupon.com

Selain mendaki gunung, cara untuk berolahraga sambil menikmati keindahan alam adalah diving atau menyelam. Untuk melakukan olahraga ini, kamu memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pertama-tama kamu harus punya sertifikasi menyelam. Untuk mendapatkan sertifikasi itu kamu tentu harus ikut kursus yang harganya bisa jutaan rupiah. Belum lagi sewa alat-alatnya yang nggak murah.

Namun semua biaya ini tentu akan terbayar dengan keindahan dan tantangan ketika kamu berada di dalam lautan. Apalagi mengingat Indonesia adalah surganya keindahan bawah laut. Berbagai jenis biota dan ikan-ikan bisa kamu temukan di perairan Indonesia. Kalau udah kayak gini, yakin kamu nggak mau mencoba diving?

2. Wall climbing.

olahraga ekstrem ini wajib kamu coba sebelum tua © 2016 brilio.netfoto: lincsymca.co.uk

Wall climbing awalnya tercipta dari rock climbing atau panjat tebing. Namun karena semakin berkembang, rock climbing kemudian tak melulu dilakukan di alam bebas tapi juga di dalam ruangan. Nah, kegiatan inilah yang disebut dengan wall climbing (panjat dinding) yang kemudian banyak diperlombakan.

Untuk mencoba wall climbing kamu tentu harus punya alat-alat khusus untuk menunjang keselamatan. Alat-alat seperti tali karmantel, harnest, sepatu panjang, dan carabiner wajib hukumnya digunakan ketika beraksi. Walau alat-alatnya terbilang njelimet tapi adrenalin yang didapatkan ketika menaiki ketinggian tentu sebanding.

3. Bungee jumping.

olahraga ekstrem ini wajib kamu coba sebelum tua © 2016 brilio.netfoto: panduanwisata.id

Merupakan salah satu olahraga yang cukup menguji nyali. Olahraga ini dilakukan dengan cara melompat dari tempat tinggi dengan menggunakan pengaman berupa tali lentur. Tali lentur diikatkan di pergelangan kaki dan ujung satunya terikat ke tempat lompat. Ketika peloncat sampai ke bawah maka tali tersebut akan memantul lagi ke atas sampai energi lompatan habis.

Nah, kalau kamu berminat, Bali adalah salah satu tempat di Indonesia yang menyediakan wahana untuk bungee jumping.

4. Mixed martial arts.

olahraga ekstrem ini wajib kamu coba sebelum tua © 2016 brilio.netfoto: 10thplannet.com

Nah, kalau yang satu ini tentu udah nggak asing lagi di telingamu. Mixed martial arts atau seni bela diri campuran memang menjadi salah satu olahraga ekstrem yang paling banyak diminati orang Indonesia. Selain untuk meningkatkan kebugaran, olahraga yang satu ini juga dapat digunakan untuk jaga diri. Tak hanya itu, olahraga ini juga dipercaya untuk membentuk tubuh yang ideal. Jadi nggak heran kalau bela diri juga digandrungi para artis.

5. Rafting.

olahraga ekstrem ini wajib kamu coba sebelum tua © 2016 brilio.netfoto: mendutrafting.com

Bagi kamu yang doyan main air, rafting menjadi olahraga yang wajib kamu coba selagi muda. Aktivitas mengarungi sungai dengan menggunakan perahu karet tak hanya menguji adrenalin tapi juga mengasyikkan. Olahraga ini membutuhkan kemampuan lengan serta kerjasama tim yang kompak. Namun bagi kamu yang pemula sangat disarankan untuk melakukannya dengan bantuan pemandu.

6. Go kart.

olahraga ekstrem ini wajib kamu coba sebelum tua © 2016 brilio.netfoto: pixabay.com

Bagi kamu yang bercita-cita menjadi pembalap mobil tapi nggak kesampaian, go kart bisa jadi jawabannya. Walaupun tak sekencang mobil balap beneran, namun permainan go kart tentu nggak kalah menguji nyalimu ketika beradu cepat di lintasan balap.

Selain itu go kart juga terbilang mengasyikkan karena bisa kamu nikmati bersama teman-temanmu. Apalagi di Indonesia sudah banyak tempat yang menyediakan olahraga ini.

7. Tough mudder.

olahraga ekstrem ini wajib kamu coba sebelum tua © 2016 brilio.netfoto: discoverwisconsin.com

Satu lagi olahraga ekstrem yang wajib kamu coba adalah Tough mudder. Olahraga ini mungkin terdengar asing di telingamu karena memang merupakan olahraga yang baru diperkenalkan pada tahun 2010 silam. Namun tak kalah dengan olahraga lainnya, Tough mudder juga cocok banget bagi kamu yang merasa tertantang dengan olahraga ekstrem. Nggak cukup nyali saja, Tough mudder juga memerlukan kekuatan, stamina, ketahanan tubuh dan, mentalmu.

KLIK JUGA: 7 Jenis olahraga yang kini jadi tren di kalangan anak hits, mau coba?

Pasalnya kamu akan diajak untuk berlari hingga 20 kilometer ala pasukan khusus tentara Inggris di mana nantinya akan ada rintangan menantang yang harus kamu lewati.

Asyiknya lagi, Tough mudder kini hadir di Indonesia. Bagaimana cara mengikutinya?

Cari tahu lebih lanjut tentang Tough mudder yang akan dilaksanakan pertama kalinya di Asia di http://www.toughmudder.id