Brilio.net - Sebelum melepas para rider dalam parade MotoGP Mandalika pada hari ini Rabu (16/3), Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berbincang-bincang dengan para pembalap yang hadir. Pada kesempatan tersebut, Presiden berharap perhelatan MotoGP di Mandalika Nusa Tenggara Barat yang akan terlaksana pada 18-20 Februari 2022 mendatang, dapat memicu para pembalap muda Indonesia untuk berprestasi di kancah dunia.

"Tadi saya sampaikan bahwa Indonesia memiliki 122 juta sepeda motor. Jadi saya sampaikan fans mereka itu banyak sekali di sini," kata Jokowi.

alasan Jokowi tidak ikut parade Berbagai sumber

foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi mengaku ingin ikut rombongan parade, namun karena satu dan lain hal, ia tidak diperkenankan untuk ikut.

"Saya tidak diperbolehkan naik motor karena dari sisi keamanan, tadi saya lemas itu," ungkap Jokowi, dikutip brilio.net dari Antara.

alasan Jokowi tidak ikut parade Berbagai sumber

foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Seperti diketahui, para pembalap MotoGP berparade dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat menyusuri Jalan Medan Merdeka Utara, berlanjut ke Jalan Medan Merdeka Barat lewat di depan Gedung RRI mengarah ke Hotel Kempinski di kawasan Bundaran Hotel Indonesia.

Sebanyak 20 pembalap menggunakan sepeda motor dari berbagai macam pabrikan, seperti Honda, KTM, Ducati, Aprilia, Yamaha, Suzuki, dan beberapa lainnya. Keberangkatan para pembalap MotoGP itu juga diiringi pengawalan ketat petugas kepolisian dan personel TNI. Ratusan pengendara sepeda motor dari berbagai komunitas juga ikut dalam iring-iringan tersebut.