Brilio.net - Marathon saat ini bukan sekadar olahraga, tapi sudah menjadi gaya hidup lho. Buktinya banyak orang rela sudah capek, harus bayar mahal lagi, untuk ikut marathon.

Karena itu, nggak jarang deh banyak event marathon digelar. Salah satunya dilakukan pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang bekerjasama dengan Bank Jateng dan Harian Kompas dengan menggelar lomba lari Bank Jateng Borobudur Marathon 2017 bertajuk “Reborn Harmony”. Ini merupakan ajang kelima kalinya sejak pertama diselenggarakan pada 1990.

Borobudur Marathon  © 2017 brilio.net

foto: brilio.net/yani andryansjah

Nah, diharapkan dari lomba ini peserta nggak cuma sekadar ikut lomba lari tapi juga bisa menikmati Borobudur sebagai warisan budaya dunia. Rencananya, ajang ini bakal digelar di Kompleks Taman Lumbini, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 19 November 2017.

Loading...

“Pemerintah mendukung sportourism. Lomba seperti ini bukan sekadar berolahraga, tapi juga menikmati objek wisata yang luar biasa. Candi Borobudur merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, di kawasan Senayan seraya berharap ajang ini bisa menjadi bagian dalam menyukseskan Gerakan Nasional Ayo Olahraga yang menjadi program prioritas Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Borobudur Marathon  © 2017 brilio.net

foto: brilio.net/yani andryansjah

Sayangnya, untuk tahun ini pihak penyelenggara hanya membatasi kuota pelari sebanyak 10 ribu peserta dari Indonesia dan mancanegara. Ajang ini akan dibagi dalam beberapa kategori, di antaranya jarak 10 kilometer, 21 kilometer dan 42 kilometer.

Pembatasan ini dilakukan karena pihak penyelenggara ingin fokus dalam memberikan pelayanan kepada para peserta. Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya yang diikuti lebih dari 20 ribu peserta sehingga mereka kurang menikmati ajang ini.

Borobudur Marathon  © 2017 brilio.net

foto: brilio.net/yani andryansjah

“Kita ingin memberikan kepuasan kepada peserta agar mereka datang untuk berolahraga sekaligus berwisata. Dengan demikian kenyamanan menjadi sesuatu yang kita pikirkan,” kata Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko.

Borobudur Marathon diharapkan bisa berdampak positif dan peningkatan bagi masyarakat di lingkungan sekitar Candi Borobudur. Yang jelas, Borobudur Marathon bakal seru abis deh. Nggak percaya? Lihat saja video penyelenggaraan tahun lalu berikut ini.

RECOMMENDED BY EDITOR